Cara Mudah Ganti Password WiFi

Sumber : gmedia.net.id

KONEKSI internet menjadi salah satu bagian hidup tak terpisahkan dari masyarakat zaman sekarang. Itulah mengapa jumlah pengguna WiFi menjadi semakin meningkat.

Mengganti password WiFi penting untuk dilakukan agar tidak banyak orang yang menggunakan jaringan internet Anda secara cuma-cuma.

 

1. Menggunakan PC

  • Sambungkan PC Anda ke jaringan internet dengan menggunakan sambungan WiFi yang ingin diganti passwordnya.
  • Akses 192.168.1.1 dengan cara mengetik angka ini di kolom address bar browser. Anda bisa menggunakan browser apapun karena tidak ada pengaruh atau perbedaannya.
  • Langkah selanjutnya, Anda diminta untuk memasukkan username dan password untuk bisa mengakses dan mengganti password WiFi. Bila ini kali pertama Anda mengganti password, maka ketikkan admin pada kolom username serta kolom pilihan password. Perhatikan penulisannya dengan benar. Ketikkan user tanpa huruf kapital sebagai awalan. Jangan lupa klik login.
  • Setelah Anda berhasil login, cari menu pilihan Network di bagian kiri layar interface.
  • Jika Anda sudah klik pilihan Network, akan muncul pilihan WLAN, LAN, dan Port Locating. Kamu pilih WLAN, kemudian klik pilihan Security.
  • Di sana akan muncul beberapa kolom-kolom dengan beberapa keterangan. Temukan di dalam kolom tersebut tulisan WPA Passphrase.
  • Di sebelah pilihan WPA Passphrase, ada kolom tempat Anda bisa mengganti password WiFi, Ketikkan password yang Anda inginkan sebagai ganti kata sandi yang lama. Agar kata sandi WiFi Anda lebih kuat, kombinasikan angka, huruf kapital, dan huruf kecil.
  • Jika sudah yakin dengan password yang baru, klik tombol Submit yang ada di bagian bawah kanan interface.

 

2. Menggunakan Handphone

Caranya sama persis dengan Anda menggunakan PC.

  • Langkah pertama Anda harus akses 192.168.1.1 melalui browser yang kamu miliki di HP. Kemudian Anda akan datang di laman muka utama untuk memasukkan username dan password. Ketikkan admin pada kolom isian di samping username dan password.
  • Pilih menu Network, lalu WLAN, kemudian Security pada sisi kanan interface atau sisi kirimu. Setelah ketemu, maka akan muncul beberapa kolom dengan berbagai informasi di sisi sebelahnya. Untuk mengganti password, cari kolom yang bertuliskan WPA Passphrase. Masukkan kata sandi yang Anda inginkan sebagai ganti password yang lama.
  • Cara mengganti password WiFi ini penting Anda tahu dan harus diingat-ingat supaya tidak banyak yang bisa mengakses jaringan internet Anda. Banyaknya pengguna yang mengakses internet dari satu jaringan yang sama akan menyebabkan koneksi menjadi lebih lambat.

Itulah cara mudah yang bisa Anda gunakan untuk mengganti password WiFi Anda. Di samping memperhatikan keamanan password WiFi, Anda juga harus memperhatikan Internet Service Provider (ISP) yang handal dan memiliki after sales yang baik, untuk membantu Anda ketika terjadi kendala dengan internet Anda. GMEDIA, pilihan tepat solusi internet bisnis Anda!

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.