Cara Mencegah Penyakit Kronis Sejak Dini

Source via : https://pixabay.com/id/photos/salad-buah-berry-sehat-vitamin-2756467/

PENYAKIT kronis menjadi momok menakutkan karena bisa melemahkan sistem saraf dan memicu penyakit lain. Sudah sepatutnya masyarakat menerapkan pola hidup sehat. Bagaimana dengan Anda? Anda bisa melakukan cara mencegah penyakit kronis sehingga menurunkan risiko penyakit.

Penyakit kronis bisa menyerang penderita selama beberapa bulan, bahkan sebagian penyakit kronis bisa menetap bertahun-tahun. Selain itu, gejala pemicunya berbeda-beda sesuai jenis penyakit kronis yang ada.

 

5 Cara Mencegah Penyakit Kronis Sejak Dini 

Seseorang yang mengabaikan pola hidup sehat lebih mudah terserang penyakit kronis. Walaupun saat ini tubuh Anda sehat dan lancar melakukan aktivitas harus menerapkan pola hidup sehat. Berikut ada langkah tepat terhindar dari penyakit kronis, di antaranya:

 

  • Mengkonsumsi Makanan Bergizi

Mengkonsumsi makanan bergizi menjadi langkah utama terhindar dari penyakit kronis. Walaupun Anda sibuk harus menyempatkan menyantap makanan sehat. Selain itu hindari makanan cepat saji karena tidak bagus untuk kesehatan. Lebih baik mengkonsumsi makanan dengan olahan tradisional. 

Usahakan Anda memperbanyak sayuran dan buah-buahan sehingga terhindar dari dehidrasi karena asupan vitamin yang dibutuhkan tubuh terpenuhi. Umumnya, penyebab penyakit kronis disebabkan karena beberapa faktor seperti lingkungan yang tidak sehat, pola hidup, maupun faktor keturunan.

 

  • Hindari Kebiasaan Merokok

Banyak masyarakat yang merokok karena sudah menjadi kebiasaan. Padahal merokok memicu penyakit kronis pada paru-paru, jika penyakit yang diderita sudah parah bisa terjadi komplikasi dan membutuhkan penyembuhan yang ekstra.

Apalagi zat yang terkandung pada rokok akan mempengaruhi pembuluh di dalam tubuh dan memperburuk kondisi organ tubuh. Usahakan Anda membatasi rokok sehingga organ tubuh tetap sehat dan maksimal menjalankan tugasnya.

 

  • Mencari Tahu Riwayat Kesehatan Keluarga

Cara mencegah penyakit kronis selanjutnya adalah mencari tahu riwayat kesehatan keluarga. Tujuannya agar Anda mengetahui penyakit yang diderita keluarga yang bisa diturunkan. Anda pun bisa melakukan pencegahan penyakit kronis pada keluarga, misalnya dengan membatasi asupan gula dan tetap menjalankan pola hidup sehat dan bersih.

 

  • Rutin Olahraga

Olahraga rutin bisa mencegah penyakit kronis karena olahraga membuat sistem tubuh bekerja maksimal. Anda bisa memilih jenis olahraga sesuai selera dan lakukan sekitar 30 menit setiap hari. Jika sedang sibuk dan tidak sempat olahraga setiap hari, maka luangkan waktu dua hari sekali atau seminggu sebanyak tiga kali sehingga tubuh selalu bugar dan semangat menjalani rutinitas. Anda bisa memilih olahraga ringan sehingga mudah menjalankannya, seperti bersepeda, jalan kaki, yoga, jogging dan olahraga lainnya. Jika rutin olahraga akan menjadi kebiasaan sehingga semangat menjalaninya.

 

  • Istirahat yang Cukup

Istirahat cukup termasuk mencegah penyakit kronis. Sayangnya hal tersebut diabaikan sebagian orang. Banyak yang mengganti jadwal tidur, di siang hari untuk tidur tetapi malamnya harinya tidur karena banyak hal yang dilakukan. Kebiasaan tersebut tidak baik untuk kesehatan dan rawan risiko penyakit kronis.

Diusahakan Anda menerapkan waktu tidur setiap harinya yaitu selama 7-8 jam setiap hari. Jadi pikiran lebih rileks, badan tidak letih, dan menyehatkan badan. Agar Anda bisa menerapkan tidur cukup bisa melakukan beberapa hal, di antaranya selalu aktif bergerak setiap hari, menghindari minuman beralkohol dan rokok dan menjalankan hidup sehat.

 

Kenali Kebutuhan Vitamin yang Dibutuhkan Tubuh

Setelah mengetahui tips mencegah penyakit kronis, Anda bisa mengetahui berbagai vitamin yang dibutuhkan tubuh. Dengan begitu Anda bisa memilih aneka makanan maupun minuman untuk menjaga kesehatan tubuh, berikut ada daftar vitamin yang dibutuhkan :

 

  • Vitamin A

vitamin A bagus untuk kesehatan mata agar berfungsi optimal dan terhindar dari penyakit mata. Memenuhi asupan vitamin A memelihara lapisan organ dan bagian lain mata, memudahkan Anda melihat dalam kondisi redup dan memelihara kekebalan tubuh sehingga terhindar dari penyakit. Banyak makanan kaya vitamin A yang bisa dijadikan menu makanan. Di antaranya adalah wortel untuk sayuran, udang, telur, ikan, mentega, hati sapi, keju, susu dan produk berkualitas yang kaya vitamin A.

 

  • Vitamin B kompleks

Vitamin B kompleks penting bagi kesehatan tubuh dan asupannya harus tepat. Zat gizi pada vitamin tersebut bisa mempengaruhi kesehatan fisik dan psikis. Bahkan mempengaruhi fungsi otak agar bekerja optimal, perubahan energi dalam tubuh dan menghindari risiko penyakit. Untuk memenuhinya, Anda bisa mengkonsumsi tempe maupun tahu dan jenis makanan lainnya. misalnya daging merah dan daging ayam, ikan kembung, sarden, salmon, kerang, beras, gandung, kacang-kacangan dan biji-bijian.

 

  • Vitamin C

Vitamin C menjadi asupan penting untuk tubuh karena menjaga kesehatan pembuluh darah maupun tulang, meningkatkan produksi kolagen dan menangkal radikal bebas. Anda bisa mengkonsumsi sayuran bayam, brokoli, tomat, stroberi, buahan sitrus.

 

  • Vitamin D

Vitamin D banyak dikenal manfaatnya untuk tulang. Bukan hanya itu, anak-anak dan dewasa juga mendapat manfaatnya untuk tubuh. Manfaatnya adalah untuk asupan kalsium dan juga mencegah banyak penyakit yang serius.

Sebenarnya masih banyak vitamin lain yang dibutuhkan tubuh sebagai pencegahan penyakit kronis. Sebagai penunjang, Anda bisa membeli suplemen sehingga asupan vitamin dan mineral tubuh terpenuhi. Anda bisa membeli produk secara online melalui Blibli. Blibli adalah toko online terpercaya yang menyediakan berbagai produk berkualitas.

Selain itu, Blibli mengutamakan kepuasan konsumen sehingga pelayanannya terbaik. Di antaranya proses pembelian yang mudah dan praktis, banyak promo yang diadakan, metode pembayaran beragam. Bahkan, jika Anda membutuhkan vitamin D Anda bisa membelinya secara online melalui Blibli. Cara mencegah penyakit kronis yang Anda lakukan maksimal karena caranya tepat.(*)

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.