Cara Membuang Masker dengan Benar

*Cegah Penularan Virus Corona

BATANG – Angka kenaikan penyebaran virus corona kian hari kian melonjak. Dilansir dari situs resmi covid19.go.id,  jumlah terkonfirmasi Covid 19 mencapai angka 2.033.421 kasus. Sedangkan di Kabupaten Batang sendiri, jumlah kasus terkonfirmasi Covid 19 sampai hari ini (24/06) telah menembus angka 12.892 laporan.

Hal ini membuktikan bahwa pandemi seharusnya menjadi masalah bersama yang perlu mendapatkan perhatian lebih. Peran masyarakat dalam memutus rantai penyebaran virus corona sangatlah penting, salah satunya dengan penerapan 5M.

Selain menggunakan masker, masyarakat juga perlu mengetahui cara melepas dan membuang masker yang baik dan benar agar limbah masker tidak menjadi media penyebaran virus corona ataupun didaur ulang oleh oknum yang tidak bertanggungjawab.

Saat ini banyak sekali oknum yang memanfaatkan masker medis bekas untuk didaur ulang kemudian dijual kembali. Hal tersebut tentu sangat berbahaya karena dapat menjadi sarang penyebaran virus corona.

“Alangkah baiknya sebelum membuang masker, kita perlu merusaknya dengan merobek atau menggunting untuk mengantisipasi daur ulang masker medis”, kata Alfina, Mahasiswa KKN Undip.

Berawal dari sinilah kemudian seorang Mahasiswa KKN UNDIP melakukan edukasi cara membuang masker dengan benar di Desa Pasekaran Kabupaten Batang. Kegiatan tersebut dilakukan dengan memberikan edukasi dan contoh cara melepas dan membuang masker dengan benar kemudian membagikan stiker cara membuang masker kepada warga setempat.

Kegiatan dilakukan dengan sistem rumah ke rumah (door to door) dan menghindari perkumpulan warga karena terlalu riskan terjadi penularan virus corona.

“Kegiatan edukasi semacam ini perlu untuk diberikan karena selain dapat menambah wawasan juga kita bisa turut serta memutus rantai penyebaran virus corona dengan langkah awal seperti membuang masker dengan benar”, ujar Khoirita selaku remaja setempat. 

Tujuan kegitan edukasi tersebut yakni memberikan wawasan mengenai cara melepas dan membuang masker dengan benar sehingga dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari serta memberikan pemahaman mengenai pentingnya masker dalam mencegah penularan virus corona.

“Melalui program edukasi cara melepas dan membuang masker dengan benar diharapkan dapat menunjang kegiatan penerapan 5M dalam rangka upaya memutus rantai persebaran virus corona.”, tutup Alfina.(ris)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.