Candi Borobudur Pindah Ke KA Kaligung

image
Dirut KAI Edi Sukmoro dan Sekda Jateng Tri Puryono mencoba gerbong restorasi Kaligung, Selasa (12/1). Foto : Ilyas Aditya/Metrosemarang.com

SEMARANG – PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 4 Semarang kembali merevitalisasi rangkaian gerbong KA Kaligung Semarang-Tegal.
Mengusung tema Borobudur, 6 gerbong Kaligung disulap menjadi gerbong yang sarat akan nuansa klasik.

Tiap gerbong terdapat sejumlah ukiran kayu jati. Bahkan, pada gerbong restorasi terdapat dua buah relief asli buatan pengerajin asal Magelang yang ditempel di dinding gerbong.

Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro mengatakan, tema Borobudur dipilih karena candi tersebut salah satu keajaiban dunia dan menjadi ciri khas Indonesia.

“Borobudur adalah seni keajaiban dunia, ini sudah mendunia. Dalam pengerjaannya kami juga melibatkan beberapa pengerajin. Ini karya anak bangsa,” kata Edi disela-sela peresmian Kaligung Borobudur di Stasiun Semarang Poncol, Selasa (12/1) pagi.

Peresmian kereta berkapasitas 636 penumpang tersebut merupakan lanjutan dari revitalisasi rangkaian KA Kaligung berkonsep Tidar yang diresmikan dipertengahan tahun 2015 lalu. Dalam peresmian tersebut juga turut dihadiriSekda Jawa Tengah Tri Puryono.

“Harapan kami peluncuran ini bisa menunjang pelayanan terhadap penumpang. Sebab, okupansi pengguna KA Kaligung tahun 2015 lalu diketahui meningkat 16 persen dibanding tahun sebelumnya,” tandasnya. (Yas)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

78 + = 88

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.