Buyer Tertarik Jual Pariwisata Gunung Tidar

image
Para buyer sedang melakukan transaksi dengan para seller dalam Tidar Travel Mart yang diadakan di Hotel Atria Kota Magelang, Jumat (23/10). (foto: MJ-24)

MAGELANG – Para Buyer dari berbagai daerah menyambut baik diadakannya Tidar Travel Mart yang baru pertama kali diadakan di Hotel Atria Kota Magelang, Jumat (23/10). Mereka begitu mengapresiasi upaya yang dilakukan Pemerintah Kota Magelang dalam mempromosikan obyek wisata serta hotel yang ada di kawasan Kota Sejuta Bunga ini.

Salah satunya buyer dari Nusa Tenggara Barat (NTB), Sahnan Mochd Rawiya. “Saya sangat mengapresiasi diadakannya Tidar Travel Mart. Ini merupakan upaya pemerintah setempat dalam mempromosikan daerahnya agar dikunjungi para wisatawan dari luar daerah,” kata Sahnan di sela-sela acara pembukaan Tidar Travel Mart.

Ia mengaku tertarik datang ke acara ini karena penasaran dengan gunung Tidar yang ada di Kota Magelang. “Jujur saya datang dari jauh untuk mengetahui gunung Tidar. Sebelumnya saya tidak begitu kenal dengan gunung Tidar, yang ternyata tidak jauh dari Borobudur” ungkapnya.

Sahnan yang juga membidangi bagian promosi dan hubungan luar negri Asita NTB ini mengaku, pernah ke Candi Borobudur di Kabupaten Magelang dan beberapa kali ke Jogjakarta. “Namun setahu saya gunug disini ya Merapi bukan gunung Tidar,” jelasnya.

Di Magelang ia akan mengikuti beberapa agenda dan salah satunya naik gunung Tidar yang kini menjadi destinasi wisata religi andalan Kota Magelang. “Saya akan lihat apakah ada yang bisa saya jual tentang gunung Tidar,” kata President Director PT Sea Indo Investama ini.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan, dan Pariwisata, Hartoko mengatakan, “Tidar Travel Mart” sebagai sarana penting untuk mempromosikan berbagai objek wisata unggulan di kota ini.

Kegiatan ini masuk dalam agenda Festival Tidar. Para peserta yang berjumlah 60 buyer kalangan Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (Asita) antara lain dari Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Kalimantan Timur.

Menurut Hartoko, rencana hanya sekitar 50 buyer saja yang ditargetkan. Namun ternyata sudah mencapai 60 buyer yang berminat dengan kegiatan ini. Hal itu menunjukkan mereka sangat antusias dengan obyek wisata di Magelang.

Dalam Tidar Travel Mart ini akan ada 30 seller baik dari Kota maupun Kabupaten Magelang. Mereka dari kalangan kepariwisataan eperti pengusaha hotel, penginapan, rumah makan, restoran maupun toko oleh-oleh dan pekau jasa wisata.

Kesempatan ini juga akan digunakan dengan sebaik-baiknya, yakni dengan mengajak mereka ‘One Day Tour. berbagai obyek wisata akan dikunjungi seperti ke Taman Kyai Langgeng, museum-museum, Alun-alun, gunung Tidar dan menyaksikan festival Tidar.

Diharapkan dengan adanya “Tidar Travel Mart”, bisa meningkatkan jumlah wisatawan baik lokal maupun mancanegara ke Kota Magelang. (MJ-24)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

31 + = 41

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.