Bus Wisata Double Decker Dikenalkan di Acara CFD

Bus Wisata Semarang. (foto:metrosemarang.com/mukhamad masrukhin)

SEMARANG – Setelah sempat diuji coba, Dinas Perhubungan Kota Semarang memperkenalkan Bus Wisata ‘Ayo Muter-Muter Semarang’ kepada masyarakat di area Car Free Day (CFD) kawasan Simpanglima, Minggu (3/9). Bus double decker (tingkat dua)  warna merah ini ditempatkan di depan shelter  BRT Trans Semarang Simpanglima.

Masyarakat dibolehkan naik dan melihat-lihat isi di dalam bus yang memiliki tinggi 4,2 meter dan panjang 12 meter ini. Saat ini bus senilai Rp 3,5 miliar itu memang belum dioperasionalkan. Dan rencana baru akan diluncurkan oleh Wali Kota Semarang pada tanggal 17 September nanti.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Semarang Muhammad Khadik mengatakan, bus wisata ini sengaja dipamerkan di kegiatan CFD untuk dikenalkan kepada masyarakat. Sebelumnya bus wisata ini sudah diuji coba melalui rute yang telah ditentukan untuk melihat hambatan yang ada.

‘’Sebenarnya mau dilaunching pas Hari Perhubungan Nasional tanggal 17 September, tapi karena itu hari Minggu ya kami undur Senin tanggal 18 September. Semoga masyarakat menerima dengan baik,’’ katanya.

Pihaknya akan menggratiskan tarif untuk naik bus wisata dengan harapan dapat subsidi penuh dari Pemkot. Sehingga akan maksimal dalam melayani wisatawan yang datang ke Kota Semarang. Di tahun 2018 pihaknya juga akan mengkaji untuk menambah jumlah armada bus wisata.

‘’Kalau animo masyarakatnya besar dan didukung dengan penganggaran yang mencukupi, bukan tidak mungkin kami akan melakukan pengadaan bus wisata lagi, dari saat ini baru satu armada,’’ tegasnya. (duh)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

20 + = 22

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.