Bus Rombongan Pemudik Tabrak Mobil Tanki, Enam Meninggal Seketika

image

BATANG – Kecelakaan maut terjadi di jalur beton Pantura Gringsing Kabupaten Batang Sabtu (16/07)  malam. Bus sarat penumpang pemudik yang hendak balik ke Jakarta menabrak truk tangki bermuatan bahan kimia. Bus terguling setelah menabrak bagian depan truk mengakibatkan enam korban tewas seketika dan puluhan lainnya mengalami luka. Seluruh korban dibawa ke Rumah Sakit Islam Weleri Kendal, Puskesmas Rowosari Kendal dan Rumah Sakit Baitul Hikmah Gemuh Kendal.

Korban tewas akibat kecelakaan antara bus Kramat Jati jurusan Purwodadi Jakarta dengan truk bahan kimia di jalur beton pantura Gringsing Batang  dibawa ke RSI Weleri Kendal dan Puskesmas Rowosari. Enam penumpang bus Kramat Jati bernomor polisi B 7075 TGB tewas seketika sementara puluhan penumpang lainnya mengalami luka.

Petugas mengevakuasi korban tewas menggunakan mobil patroli, Polsek Limpung dan Polsek Gringsing. Tiga korban tewas sudah teridentifikasi, sementara tiga lainnya belum diketahui identitasnya. Korban tewas bernama Kasmin warga Grobogan, Muhamad Ali Mustofa warga Kayen Pati dan Eni Novitasari warga Godong Grobogan.

Sedangkan korban luka yang berjumlah puluhan menjalani perawatan di IGD RSI Weleri Kendal dan RS Baitul Hikmah Gemuh. Menurut penumpang bus, kecelakaan terjadi saat bus membawa 56 penumpang dari Grobogan menuju Jakarta kaget ada truk tangki bermuatan bahan kimia hendak berbalik arah.

Bus yang melaju kencang mencoba menghindar, dengan membanting kemudi ke kanan namun menabrak bagian depan truk dan laju bus tidak terkendal hingga terguling.

“Ada truk sudah melintang jalan mau putar arah, sopir bus kaget coba banting kemudi tapi bagian depan kiri bus menabrak truk hingga terguling,” ujar Purnomo  penumpang bus selamat.

Kapolres Batang AKBP Joko Setiyono di lokasi kejadian menuturkan, kecelakaan ini terjadi diduga akibat truk tangki bermuatan bahan kimia bernomor polisi W 9233 UN dari arah timur hendak berputar arah. “Namun dari arah yang bersamaan bus Kramat Jati melaju kencang dan kaget melihat truk sudah melintang jalan. Sopir bus mencoba menghindar dengan membanting kemudi ke kanan namun menabrak bagian kabin truk hingga terguling,” jelasnya.

Bagian depan truk ringsek sementara bus terguling melintang di jalur satunya. Evakuasi bangkai bus memakan waktu karena terkendala medan yang gelap. Polisi masih melakukan olah tempat kejadian perkara dan mendata korban luka di sejumlah rumah sakit di Kendal.

Dari data di RSI Weleri Kendal jumlah korban luka yang dirawat mencapai 39 orang, sedangkan empat orang lainnya di RS Baitul Hikmah. Korban tewas masih disemayamkan di kamar jenasah RSI Weleri dan Puskesmas Rowosari. Kasus kecelakaan ini masih dalam penanganan satuan lalu lintas, Polres Batang. (MJ-01)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

+ 57 = 59

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.