Buruh Jateng bakal Dapat Subsidi Transportasi

Gubernur Ganjar Pranowo berbaur bersama buruh dalam peringatan May Day di Kabupaten Magelang, Jumat (1/5). Foto: metrojateng.com/anton sudibyo
Gubernur Ganjar Pranowo berbaur bersama buruh dalam peringatan May Day di Kabupaten Magelang, Jumat (1/5). Foto: metrojateng.com/anton sudibyo

MAGELANG – Rusunawa yang awal pembangunannya diresmikan Presiden Jokowi Rabu (29/4) lalu bukan program satu-satunya untuk buruh di Jawa Tengah. Pemerintah Provinsi Jawa Tengah berencana memberi subsidi transportasi untuk para pekerja.

Subsidi ini akan diterapkan pada program aglomerasi atau angkutan tanpa batas wilayah administratif. Angkutan ini merupakan pengembangan dari bus rapid transit (BRT) yang sukses di Kota Semarang dan Solo. Pemprov merencanakan BRT di tiga cluster. Yakni Kedungsepur (Kendal, Demak, Ungaran, Semarang, Purwodadi), Subosukowonsraten (Solo, Boyolali, Sukoharjo, Karanganyar, Wonogiri, Sragen, Klaten), dan Barlingmascakep (Banjarnegara, Purbalingga, Banyumas, Cilacap, dan Kebumen).

BRT Kedungsepur akan meluncur lebih dahulu pada 2015. Rencananya ada empat koridor, yakni Semarang – Bawen (Kabupaten Semarang), Semarang – Gubug (Grobogan), Semarang – Kendal, dan Semarang – Karangtengah (Demak). Koridor Semarang-Bawen ditargetkan memulai proyek besar ini dengan kekuatan 25 armada bus.

“Kita usahakan rute bus melewati jalur industri jadi buruh bisa memanfaatkannya. Kita sedang hitung subsidi untuk buruh berapa,” kata Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dalam acara Ngopi Bareng Ganjar di Museum Karma Wibangga, kawasan Candi Borobudur, Jumat (1/5).

Selain itu Ganjar sedang mendorong perusahaan-perusahaan untuk menyisihkan dana corporate social responsibility (CSR) untuk penyediaan angkutan antar jemput buruh. “Sebagian sudah menyediakan, tapi masih banyak yang belum,” katanya.

Dalam kesempatan itu Ganjar juga mengingatkan pada pelaksana pekerjaan proyek rusunawa untuk tidak mengurangi kualitas bangunan. Ia pun menegaskan proyek tersebut benar-benar dipantau.

“Saya akan tongkrongi, jangan sampai setelah dibangun retak-retak, bocor,” tandasnya.(byo)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

35 − 33 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.