Bupati Serahkan Hadiah Pemenang Lomba Video Narasi Temanggungan dan Lomba Sejarah Desa

*234 Desa mempunyai Sejarah Desa

 

TEMANGGUNG, Bupati Temanggung HM Al Khadziq menyerahkan hadiah kepada pemenang Lomba Video Narasi Temanggungan dan Lomba Sejarah Desa di Ruang Rapat Kompleks Pendopo Pengayoman, Selasa (22/12).  Acara ini merupakan rangkaian hari jadi kabupaten Temanggung ke 186.

 

Dalam sambutannya Bupati mengatakan Panitia HUT 186 Kabupaten Temanggung  tahun 2020 mempunyai misi untuk mendokumentasikan sejarah desa-desa di Kabupaten Temanggung dengan maksud untuk nguri-nguri budaya desa dan mainstremisasi bahasa asli Temanggungan.

 

“Lomba menulis narasi sejarah desa-desa ini bertujuan untuk mendokumentasikan dan menggali fakta-fakta sejarah, mengumpulkan mitos, dongeng yang tersebar di seluruh desa-desa yang mana itu tidak terpisahkan dari sejarah Temanggung baik itu sejarah tentang kebudayaan maupun sejarah sosial” , terang Bupati.

 

Sampai lomba ditutup terkumpul sebanyak 234 naskah narasi sejarah yang akan didokumentasikan sebagai bukti sejarah bagi generasi yang akan datang sehingga mereka mengetahui sejarah desanya, sejarah kebudayaannya dan sejarah masyarakatnya.

 

“Dari sini, generasi muda bisa belajar untuk membangun masa depan yang lebih baik tanpa meninggalkan nilai-nilai yang diajarkan oleh nenek moyangnya”, tambah Bupati.

 

Tentang Lomba Video narasi bertutur Temanggungan, bertujuan untuk mainstreming dan nguri-uri bahasa asli  Temanggungan yang akhir akhir ini mulai agak luntur ditengah masyarakat, terutama di generasi mudanya.

 

“Ini tidak terlepas dari keterbukaan informasi, dan interaksi yang lebih intensif antara Temanggung dan luar daerah atau sebaliknya, interaksi budaya, tutur dan bahasa ini menjadi bercampur-campur, hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi kabupaten Temanggung untuk mempertahankan logat dan bahasa yang bahasa khas tersebut ,” Jelasnya.

 

Diakhir sambutannya Bupati berharap semoga ini bisa menjadi trending  di masyarakat untuk membuat video baru dengan konten-konten yang baru dengan narasi khas Temanggungan.(tmg)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.