Bupati Kenalkan Dagongan Khas Kendal

Permainan tradisional khas Kendal, Dagongan juga dimainkan dengan melibatkan para bintang tamu

KENDAL – Kabupaten Kendal mempunyai banyak kesenian khas yang belum banyak dikenal masyarakat. Lewat Panggung Gembira Indosiar yang ditayangkan live ini, Bupati Mirna Annisa mengenalkan sekaligus memperlihatkan kepada masyarakat seluruh Indonesia kesenian khas Kendal.

Bupati Kendal Mirna Annisa bersama bintang tamu Panggung Gembira Indosiar di Alun-alun Kendal, Sabtu (27/10/2018) pagi. Bupati kendal kenalkan kesenian khas Kendal. Foto: metrojateng.com/edi prayitno

Salah satunya adalah Dagongan. Mirip tarik tambang, Dagongan menggunakan bambu berukuran empat meter, dengan masing-masing tim berisi empat orang. Pemenang adalah tim yang berhasil mendorong lawan melewati garis.

Artis Korea, GTI dan presenter Lee Jeong Hoon ikut dalam permainan ini.  Bupati mengatakan, permainan Dagongan khas Kendal dan mulai banyak dimainkan dalam sejumlah kegiatan.

“Dagongan ini merupakan permainan tradisional dengan menggunakan bambu sebagai alatnya. Cara mainnya, dua tim akan saling mendorong bambu mainnya sama dengan tarik tambang,” katanya, Sabtu (27/10/2018).

Panggung Gembira Indosiar digelar selama dua hari di Alun-alun Kendal, 27-28 Oktober. Pada hari pertama, menampilkan artis dangdut seperti Rita Sugiarto, Tasya Rosmala, Sodik dan Lady Gula-gula serta artis Korea GTI. Penampilan diawali dengan rombongan klub motor bersama Sodik.

Penampilan GTI, salah satu bintang tamu Panggung Gembira Indosiar di Alun-alun Kendal, Sabtu (27/10/2018) pagi. Foto: metrojateng.com/edi prayitno

Tiga presenter yakni Lee Jeong Hoon, Indra Bekti dan Valentino Jebret menambah suasana semakin meriah. Ratusan warga menikmati hiburan gratis dengan artis ibukota, meski harus datang pagi dan berpanas-panasan.

“Senang juga bisa lihat artis dangdut dan sudah datang jam enam pagi,” ujar Rosidah warga Kaliwungu.

Apalagi saat artis Korea GTI tampil membawakan lagu Syantik, warga Kendal terhibur dengan penampilannya. (adv)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.