Bupati Gratiskan Sewa Kios di Pusat Promosi UMKM Sukoharjo

Ada 78 UMKM yang menempati Pusat Promosi Produk Unggulan di GP3D Graha Wijaya

SUKOHARJO – Pemerintah Kabupaten Sukoharjo membuka secara resmi Pusat Promosi Produk Unggulan UMKM di GP3D Graha Wijaya, Rabu (31/10/2018). Bupati Wardoyo Wijaya memberikan keringanan dengan menggratiskan biaya sewa sampai bulan Desember 2018.

Bupati meninjau produk UMKM di Gedung Pusat Promosi Potensi Daerah (GP3D) Kabupaten Sukoharjo. Foto: metrojateng.com

Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Sukoharjo Sutarmo menyampaikan, selain pembukaan Pusat Promosi Produk Unggulan UMKM, di gedung yang sama sekaligus diresmikan Kantor Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) yang bekerja sama dengan Universitas Negeri Sebelas Maret.

“Dengan pembukaan pusat promosi produk unggulan ini, kami berharap mampu meningkatkan daya saing, produktivitas produk UMKM di Sukoharjo,” ujar Sutarmo.

Selain itu, kata dia, Pemkab berharap dapat menumbuhkan rasa cinta masyarakat terhadap produk lokal Sukoharjo sehingga menunjang pengembangan UMKM. Ada 78 UMKM yang menempati Pusat Promosi Produk Unggulan di GP3D Graha Wijaya yang dulu dikenal sebagai “Gedung Lowo”.

Untuk lantai 1, terdapat 18 UMKM batik dan perajin, lantai 2 terdapat 18 UMKM fashion dan aksesoris, lantai 3 terdapat 26 UMKM yang terdiri dari 12 UMKM makanan dan 14 UMKM kuliner. Sedangkan lantai 4 untuk 18 UMKM produk elektronik dan handphone serta untuk Kantor PLUT.

“Saat ini masih terdapat empat kios yang kosong dan direncanakan sebagian untuk tempat ATM,” terang Sutarmo.

Nantinya untuk terus meramaikan Gedung Pusat Promosi Potensi Daerah (GP3D) Kabupaten Sukoharjo, dinas akan melakukan promosi ke masyarakat dan juga Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di pemkab setempat. Selain itu, bekerja sama dengan berbagai pihak untuk menggelar event pameran serta outing class bagi siswa SMP dan SMA. PLUT sendiri juga sudah membuat aplikasi yang bisa diunduh melalui “play store” mengenai UMKM Sukoharjo.

Sedangkan Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya mengatakan, UMKM menjadi salah satu tulang punggung perekonomian di Indonesia. Dia berharap UMKM di wilayahnya bisa semakin berkembang.

“Dengan dibukanya pusat promosi produk unggulan UMKM ini, saya harap dapat untuk mengoptimalkan fungsi gedung sekaligus untuk sarana promosi produk UMKM di Sukoharjo,” ucapnya.

Sebagai bentuk dukungan Pemkab Sukoharjo, Bupati menggratiskan biaya sewa kios sampai bulan Desember 2018 nanti. Setelah itu baru akan dievaluasi kembali berapa tarif yang akan diberlakukan pada penghuni gedung. (MJ-28)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.