Bupati Demak Himbau Warganya Untuk Rutin Membayar Iuran BPJS kesehatan

Program JKN-KIS Untuk Masyarakat

Iuran – Bupati Demak Esti`anah, saat peresmian program Organization Social Responsibility (OSR) BPJS Kesehatan menghimbau warganya membayar iuran secara rutin. (ist/tya)

 

DEMAK, METROJATENG.COM  –Bupati Demak Esti’anah, menghimbau masyarakat desa Krajanbogo, kecamatan Bonang untuk rutin membayarkan iuran BPJS Kesehatan secara rutin. Ini penting dalam upaya memperkuat  sinergi untuk keberlangsungan Program JKN-KIS.

Himbauan ini disampaikan Bupati Demak dab BPJS Kesehatan Cabang Semarang  saat peresmian program Organization Social Responsibility (OSR) BPJS Kesehatan.Dijelaskan Program JKN-KIS, agar masyarakat juga memahami bahwa Program JKN-KIS ini adalah untuk masyarakat.

Bupati Demak, Esti’anah mengungkapkan perlunya desa dan puskesmas setempat menyosialisasikan pentingnya Program JKN-KIS. Pemerintah daerah juga telah membiayai iuran Program JKN-KIS untuk segmen peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI).

“Masyarakat di Demak harus paham tentang Program JKN-KIS. Manfaat yang akan didapat akan sangat banyak ketika sudah menjadi peserta JKN-KIS,” ucap Esti’anah.

Per September 2021, jumlah penduduk di kabupaten Demak yang telah menjadi peserta JKN-KIS sebesar 85.76% dari jumlah penduduk dan 102 Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) serta 5 Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjut (FKRTL) di Kabupaten Demak telah bekerja sama dengan BPJS Kesehatan.

“Bukan masalah untung rugi, karena disini kebanyakan masih berpikiran seperti itu, saya paham karena saya juga seorang dokter. Ada perasaan bahwa merasa membayar iuran namun tidak sakit jadi tidak menguntungkan, namun tidak seperti itu. Anggap saja kita menabung pahala dan kita mendapat badan yang sehat karena selalu menjaga kesehatan,” kata Esti’anah.

Ia pun berharap, masyarakat memiliki kesadaran untuk saling tolong menolong untuk keberlangsungan Program JKN-KIS. Agar semakin dirasakan manfaatnya jika kesadaran bahwa JKN-KIS ini merupakan program silang, perlunya dipupuk semangat yang sehat membantu yang sakit.

“Salah satu quick win BPJS Kesehatan yaitu terkait engagement, bahwa perlunya untuk menanamkan kepada masyarakat rasa memiliki akan terhadap Program JKN-KIS ini. Besarnya manfaat program ini bagi kesejahteraan masyarakat tentu menjadi pemacu semangat bagi kami untuk terus menjaga keberlangsungan penyelenggaraan program jaminan kesehatan,” kata Kepala BPJS Kesehatan Cabang semarang, Andi Ashar.

Pada kesempatan itu, Andi Ashar juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada aparat desa Krajanbogo, yang telah banyak membantu dalam proses pembangunan sarana toilet untuk program OSR ini.

“Program OSR yang berkolaborasi dengan pemerintah kabupaten Demak, diharapkan semakin meningkatkan sinergi dan kolaborasi stakeholder dalam mengimplementasikan dan menjaga keberlanjutan Program JKN-KIS,” tutup Andi. (tya)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.