Bupati Boyolali Tetap Ingin Gelar Pilkada e-Voting

Bupati memberikan sambutan dalam sosialisasi Pemilu Bupati Boyolali. Foto: Metro jateng/MJ-07
Bupati memberikan sambutan dalam sosialisasi Pemilu Bupati Boyolali. Foto: Metro jateng/MJ-07

BOYOLALI – Di akhir masa jabatannya yang tinggal beberapa bulan lagi, Bupati Seno Samodro tetap ingin mewujudkan impiannya menggelar Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) secara elektronik. Dia pun bertekad akan melobi ke DPR agar dalam revisi UU Pilkada nanti, bisa mengakomodir e-voting.

Hal itu kembali diungkapkan Bupati Seno Samodro saat membuka sosialisasi tentang regulasi Pemilu Bupati, yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Boyolali, Rabu (04/02). Sosialisasi ini digelar di Pendopo Alit, rumah dinas Bupati. Diikuti partai politik, LSM, camat dan sejumlah pejabat terkait Pemkab Boyolali.

“Saya masih berharap di Boyolali nanti bisa digelar Pilkada secara elektronik. Aneh kalau menggunakan teknologi kok dilarang,” kata Seno Samodro.

Meskipun dilaksanakan secara elektronik, kata dia, nantinya tidak dilaksanakan secara daring (online). Tetapi e-voting secara luring (offline). Hal ini untuk mengantisipasi ulah peretas yang bisa mengacaukan hasil Pemilu. “Saya ingin Pilkada berlangsung secara fair play,” tandas Seno yang berulang kali menyatakan tak akan mencalonkan diri lagi ini.

Hanya saja diakui, untuk mewujudkan Pilkada e-voting itu masih butuh perjuangan. Pasalnya, peraturan yang ada saat ini tidak memungkinkan untuk dilaksanakan e-voting. Karena bunyi aturan dalam pemberian suara adalah mencoblos. “Kalau dalam UU Pemilu sebelumnya malah memungkinkan, karena disitu disebutkan menandai. Touchscreen itu juga menandai. Tetapi kita tunggu saja, karena UU Pilkada akan segera direvisi oleh DPR. Saya akan melakukan lobi-lobi agar memasukkan itu (Pilkada e-voting),” jelas Seno.

Pasalnya, lanjut dia, Pemilu secara elektronik lebih efisien. Lebih menghemat anggaran dibandingkan secara manual. “Lebih efisien dan akurasinya lebih terpercaya. Tingkat efisiennya sekitar 20-23 persen,” paparnya. (MJ-07)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

6 + 2 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.