Bulog Siapkan 90 Ribu Ton Beras Baru untuk Operasi Pasar Selama Ramadan

berita-jateng-beras-mahal

SEMARANG – Perum Bulog Divre Jawa Tengah akan menyalurkan 90 ribu ton beras bagi masyarakat yang membutuhkan pada kegiatan operasi pasar selama Ramadan dan jelang Lebaran. Selain beras, Bulog juga memastikan ketersediaan komoditas lain seperti, minyak, gula, dan bawang merah.

Kepala Bulog Divre Jateng, Damin Hartono mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan 12 truk atau 90 ribu ton beras untuk optimalisasi beras miskin (raskin) selama Ramadan dan jelang Lebaran. Adapun beras yang akan disalurkan tersebut merupakan hasil pengadaan tahun 2015.

“Beras yang akan kami salurkan ini beras baru, bukan beras stok dari tahun sebelumnya,” ungkapnya di sela-sela peluncuran operasi pasar secara serentak nasional di Gudang Bulog Tambakaji Semarang, Senin (15/6).

Selain mengoptimalisasikan raskin, Bulog bersama Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Pertanian, dan Perusahaan Perdagangan Indonesia (PP) juga menyediakan komoditas lain bagi masyarakat. Upaya itu agar stabilisasi harga di pasar terjaga.

“Khusus di Jawa Tengah kami juga siapkan 15 ton gula pasir, 100 ton bawang merah, dan 5 ton minyak goreng selama operasi pasar di momen tersebut. Komoditas itu akan disalurkan sesuai dengan kebutuhan di lapangan dan diselenggarakan di pasar-pasar di wilayah enam subdivre di Jateng, yaitu Semarang, Pati, Surakarta, Banyumas, Kedu, dan Pekalongan,” jelas Damin.

Menurut Wakil Gubernur Jateng, Heru Sudjatmoko yang juga hadir dalam kegiatan peluncuran sekaligus teleconference dengan Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo itu mengatakan, kenaikan harga sembako saat Ramadan hingga Lebaran itu memang umumnya sering terjadi. Sehingga operasi pasar penting dilakukan untuk mengantisipasi kemungkinan lonjakan harga sembako yang terjadi. (MJ-15)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

− 5 = 1

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.