Buaya Sungai Blorong Dititipkan ke Bonbin Mangkang

Hingga kini warga Desa Turunrejo masih merasa resah dan khawatir karena mereka sempat melihat kemunculan dua atau tiga ekor buaya.

KENDAL – Buaya yang ditangkap warga Desa Turunrejo Kecamatan Brangsong Kendal diserahkan ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Jawa Tengah, Kamis (28/3/2019) siang. Buaya muara yang menggegerkan warga sepanjang Sungai Blorong ini akan ditempatkan di Taman Margasatwa Semarang atau Bonbin Mangkang.

Evakuasi buaya Sungai Blorong ke Bonbin Mangkang, Kamis (28/3/2019). Foto: metrojateng.com/edi prayitno

Tim BKSDA Provinsi Jawa Tengah akhirnya mengevakuasi seekor buaya yang ditangkap warga di Sungai Blorong. Reptil yang memiliki nama latin crocodylus porosus ini berjenis kelamin betina dan memiliki panjang 1,80 meter.

Diperkirakan buaya muara ini berusia dua tahun dan hingga saat ini kondisinya cukup baik. Tim BKSDA Jateng pun berencana akan membawa buaya muara ini ke Taman Margasatwa Semarang.

“Kami juga akan melakukan pengecekan terhadap kondisi buaya,” ujar Rimbawanto, petugas BKSDA Jawa Tengah.

Hingga kini warga Desa Turunrejo masih merasa resah dan khawatir karena mereka sempat melihat kemunculan dua atau tiga ekor buaya. Bahkan warga menduga buaya yang berhasil ditangkap sengaja dilepaskan oleh pemiliknya.

Pihak desa berharap warga untuk tetap berhati-hati saat beraktivitas di sungai blorong. Meski sudah ditempatkan di kandang anak buaya ini tetap menjadi tontonan warga.

Buaya ini merupakan hewan yang dilindungi oleh pemerintah dengan Undang-undang nomor 5 tahun 1990 tentang konservasi sumber daya alam hayati dan ekosistemnya. (MJ-01)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.