BPJS Kesehatan Uji Rujukan Online di Semarang dan Demak

Uji coba sistem rujukan online sejak tanggal 15 Agustus yang lalu sampai dengan 30 September 2018.

SEMARANG- BPJS Kesehatan menerapkan sistem rujukan online bagi peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). Inovasi terbaru ini memberikan kemudahan dan kepastian bagi peserta dalam mendapatkan pelayanan rujukan ke fasilitas kesehatan.

Kepala BPJS Cabang Utama Semarang, dokter Bimantoro menyosialisasikan sistem rujukan online di Semarang, Senin (24/9/2018). Foto: metrojateng.com/Anggun Puspita

Kepala BPJS Cabang Utama Semarang, dokter Bimantoro mengatakan, pihaknya sudah melakukan uji coba sistem rujukan online sejak tanggal 15 Agustus yang lalu sampai dengan 30 September 2018 nanti.

Rujukan online yang saat ini diperkuat dengan adanya integrasi sistem dari Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) dan Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan/Rumah Sakit (FKRTL/RS).

“Jadi kami buat sistem ini agar FKTP bisa melihat kondisi ketersediaan layanan dan fasilitas. Rumah sakit wajib memasukkan data pada sistem seperti jumlah dokter, internis, jadwal praktik dan sebagainya,” jelas Bimantoro.

Pada sistem rujukan online ini, BPJS Kesehatan Semarang berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kota Semarang serta bekerja sama dengan 25 rumah sakit di wilayah Kota Semarang dan Kabupaten Demak.

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Kota Semarang, Lilik Farida mengatakan, agar rujukan online bisa diterapkan pihaknya bersama BPJS Kesehatan sudah melakukan pertemuan dengan rumah sakit yang bekerja sama untuk menginformasikan sistem baru tersebut. (ang)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.