BPJS Kesehatan Lunasi Tunggakan 20 RS di Semarang dan Demak

BPJS Kesehatan Semarang telah menerima dana dari pemerintah sejumlah Rp 138,94 miliar.

SEMARANG- Pimpinan Badan Penyelengara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Kota Semarang akhirnya melunasi tunggakan pembayaran klaim di 20 rumah sakit yang berada di Kota Semarang dan Demak.

Kepala BPJS Kesehatan Semarang, Bimantoro memberikan penjelasan kepada wartawan terkait pembayaran tunggakan rumah sakit, di kantornya Jalan Sultan Agung, Kota Semarang, Rabu (26/9/2018). Foto: metrojateng.com/Fariz Fardianto

Kepala BPJS Kesehatan KCU Semarang, Bimantoro R mengaku sudah mendapat kucuran dana dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) sejumlah Rp 138,94 miliar atau tiga persen dari total dana secara nasional sejumlah Rp 4,3 triliun.

Dari total 25 rumah sakit wilayah Semarang dan Demak, terdapat 20 unit di antaranya yang sudah menerima dana itu sebagai pembayaran tunggakan yang sempat macet selama ini.

“Dana BPJS sudah diterima 20 rumah sakit Selasa, 26 September 2018. Insyallah sudah dibayar semua tagihannya,” kata dia kepada metrojateng.com, Rabu (26/9/2018).

Ia mengklaim rumah sakit negeri dan swasta yang telah menerima pelunasan tunggakan seperti RSUD Tugurejo, RSUD KRMT Wongonegoro dan RSI Sultan Agung.

Sedangkan lima rumah sakit lainnya saat ini dalam proses menunggu antrean pembayaran menggunakan pencairan dana pada tahap selanjutnya.

Ia menyebut di Kota Semarang tidak ada tagihan yang menunggak lebih dari sebulan. Selain itu, ia menyatakan telah melunasi denda satu persen pada setiap rumah sakit setiap bulan. Denda yang terbayarkan bagi setiap rumah sakit itu mencapai Rp 3,5 miliar.

Menurutnya ada salah tafsir dalam menyikapi tunggakan yang ada selama ini. Agar kejadian itu tak terulang lagi, ia meminta kepada peserta BPJS untuk membayar iuran tepat waktu.

“Untuk Semarang sendiri tunggakan kepersertaan mandiri pekerja bukan penerima upah BPJS senilai Rp 55 miliar. Untuk Demak Rp 18 miliar. Saya sudah minta sanksi layanan publik bagi mereka yang telat bayar iuran. Bahkan Pemkot Semarang menunggak PBI BPJS sampai Rp 11 miliar sejak dua bulan terakhir,” tandasnya. (far)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.