BPBD Sukoharjo Siapkan 100 Relawan Desa Siaga Bencana

image
Ilustrasi. Foto Metrojateng/dok citarum.org

SUKOHARJO Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sukoharjo mulai meningkatkan kewaspadaan terhadap ancaman bencana di kabupaten setempat. Salah satunya dengan menyiagakan relawan desa siaga bencana. Sebanyak 100 relawan digembleng di kawasan Waduk Mulur Bendosari Sukoharjo, Senin (13/10).

Menurut Kasi Kedaruratan dan Penanggulangan Bencana BPBD Sukoharjo Agus Dianto, pelatihan diberikan kepada relawan dari tiga desa yang menjadi daerah waspada banjir. Ketiga desa tersebut adalah Desa Laban, Desa Gadingan dan Desa Kadokan.

“Relawan inilah yang akan menjadi garda terdepan dalam penanggulangan bencana alam, khususnya banjir, sehingga pelatihan ini sangat penting untuk menghadapi musim penghujan yang diprediksi akan datang pada bulan November atau Desember nanti,” katanya.

Para relawan tersebut mendapat materi pelatihan dari Tim SAR Sukoharjo, Tagana, PMI dan RAPI. Mereka dibekali teknik dasar penanggulangan bencana. Mulai dari proses evakuasi, penanganan korban, dapur umum, pendirian tenda dan komunikasi diberikan oleh para instruktur.

“Kami berharap Sukoharjo aman dari bencana. Tapi, jika sewaktu-waktu terjadi bencana, para relawan ini sudah siap,” tandasnya. MJ-12)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

67 − = 61

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.