BPBD Ajukan Bantuan Heli Water Bombing Atasi Kebakaran di Gunung Merbabu

Meski Ungaran hujan, tapi gunung Merbabu hanya diselimuti awan mendung.

SEMARANG- Untuk mempercepat pemadaman api yang membakar ilalang di Gunung Merbabu, petugas BPBD Kabupaten Semarang saat ini telah meminta bantuan helikopter water bombing kepada Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Kebakaran lahan di Gunung Merbabu, Minggu (14/10/2018). Foto: metrojateng.com/ch kurniawati

“Kita minta fasilitasi bantuan BNPB menggunakan helikopter water bombing ini,” kata Kepala BPBD Kabupaten Semarang, Heru Subroto, Selasa (16/10/2018).

Gunung Merbabu terbakar sejak Minggu (14/10/2018) siang di daerah sisi barat rea Getasan, Kabupaten Semarang atau antara pos 2 Thekelan dan pos 4. Belum diketahui pasti penyebab kebakaran tersebut, namun jalur pendakian arah Thekelan sudah ditutup total.

Ia menyatakan sebagai langkah awal, pihaknya akan mengirim rekomendasi kepada Bupati Semarang untuk menetapkan status tanggap darurat kebakaran di areal Gunung Merbabu.

Kemudian, pihaknya juga akan membentuk satgas khusus yang bisa menangani kebakaran Gunung Merbabu. Pimpinan satgasnya nanti dipegang oleh Dandim Kabupaten Semarang.

“Siang ini Pak Bupati (Kabupaten Semarang) akan menyatakan siaga darurat bencana,” jelasnya.

Heru berharap water boming bisa segera didatangkan. Nantinya bisa mempercepat pemadaman api seperti yang sudah terjadi di Gunung Sindoro dan Sumbing.

Ia menyebutkan sebenarnya wilayah Ungaran semalam hujan, tapi di gunung Merbabu hanya diselimuti awan mendung.

Saat ini pihaknya juga sedang menanti bantuan BNPB untuk menerjunkan 80 petugas gabungan mulai BPBD, SAR, TNI, Polri,‎ relawan dan warga untuk membantu memadamkan api dengan peralatan manual. Namun demikian, petugas masih kesulitan karena medan yang cukup sulit dijangkau. (far)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.