Bom Bunuh Diri di Kartasura, Kapolda Jateng: Ini Serangan kepada Polisi

Saat kejadian berlangsung, terdapat tujuh petugas penjaga pos yang piket.

SUKOHARJO – Polisi memastikan bahwa satu korban ledakan di dekat Pospam Tugu Kartasura Kabupaten Sukoharjo adalah pembawa bom atau bomber. Tujuh anggota polisi yang sedang bertugas di lokasi kejadian berhasil lolos dari serangan bom di akhir Ramadan tersebut. Serangan tersebut ditujukan kepada polisi.

Lokasi ledakan di Pospam Tugu Kartasura. Foto: metrojateng.com

Kapolda Jateng Irjen Pol Rycko Amazel Dahniel mengatakan, dugaan tersebut diperkuat dengan temuan bahan peledak yang menempel di tubuh korban. Bahan-bahan peledak yang telah meledak itu ditemukan menempel di tangan, pinggang dan kaki.

“Saat ini korban dalam kondisi kritis dalam perawatan di rumah sakit dan mendapatkan pengawalan ketat dari kepolisian Polda Jateng dan Polresta Surakarta,” kata Kapolda saat meninjau lokasi kejadian, Selasa (4/6/2019) dinihari.

Ditambahkan kapolda, proses olah TKP dilakukan mulai pukul 00.10-01.30 WIB. Hal itu untuk menentukan jenis dari bahan peledak, komposisi dan mengetahui profil dari korban yang diduga sebagai pelaku.

“Ini masih dilakukan pemeriksaan oleh Gegana. Kami sedang mengembangkan terhadap pelaku, apakah terkait dengan jaringan terorisme atau tidak,” tandasnya.

Namun, kapolda belum bersedia membeberkan informasi detil terkait pelaku yang saat ini masih dalam proses pencocokan identitas.

Seperti diketahui, ledakan di dekat Pospam Tugu Kartasura terjadi pada Senin (3/6) sekira pukul 23.30. Saat kejadian berlangsung, terdapat tujuh petugas penjaga pos yang piket, empat orang berada di dalam pos dan tiga lainnya sedang mengatur lalu lintas di sekitar Simpang Tiga Tugu Kartasura.

Ditegaskan Kapolda, saat ini belum ada korban lain. Dia mengimbau kepada masyarakat untuk tidak panik dan melakukan aktivitas seperti biasa.

“Kami terapkan maximum security, penjagaan dan pengamanan akan terus kami tingkatkan, Insya Allah dapat kita kendalikan, ini serangan kepada polisi,” tegasnya. (MJ-28)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.