indonesia-cari-bakat

BlibliMart GoLocal Joglosemar Penuhi Kebutuhan Belanja Ramadan Jateng dan DIY

*Pertumbuhan permintaan dari pasar Jawa Tengah & DIY didukung dengan semakin banyaknya seller lokal di kurasi BlibliMart GoLocal Joglosemar

*Kurasi produk halal memudahkan pelanggan Jawa Tengah untuk menemukan kebutuhan menjalani bulan puasa

Bianto Krisno, Pemilik KOMPLIT & K-baby sekaligus satu dari seller UMKM Blibli GoLocal Joglosemar mengatakan bahwa adanya fitur dan layanan bagi seller telah memberikan kesempatan bagi dirinya untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dengan cepat melalui ekosistem e-commerce Blibli. Harry Prasojo Martantyo, Pelanggan BlibliMart di Joglosemar juga merasakan manfaat berbagai layanan di Blibli, seperti Same Day Delivery yang mengantarkan pesanan dengan cepat dan tepat. Foto : ist/metrojateng.com

JAKARTA – BlibliMart, kategori groceries di e-commerce lokal terdepan Blibli, memperkuat dukungannya terhadap pasar ritel Jawa Tengah di Ramadan dan Idul Fitri 2021 melalui GoLocal Joglosemar (Yogyakarta, Solo & Semarang), layanan khusus bagi pasar Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Usaha Blibli termasuk merangkul lebih banyak seller lokal, termasuk UMKM, serta memperluas kurasi produk halal untuk melayani permintaan pelanggan saat bulan suci. 

Berdasarkan data dari Bank Indonesia, pelemahan ekonomi Jawa Tengah akibat pandemi COVID-19 semakin mengurang. Hal ini diharapkan berdampak positif pada tingkat konsumsi di Ramadan, di mana berbagai riset menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia secara keseluruhan akan menyambut Ramadan dengan optimis.

Muhammad Iqbal Nurcahyo, Senior Merchandising Manager, BlibliMart, mengatakan, “Masyarakat Jawa Tengah dan DIY lebih siap menyambut Ramadan tahun ini karena sudah beradaptasi dengan gaya hidup yang serba online, termasuk untuk belanja kebutuhan bulan puasa. Blibli, dengan ekosistem e-commerce yang lengkap, pun menjawab kebiasaan baru di pasar dengan memperluas ragam produk dan seller, termasuk UMKM di kurasi GoLocal Joglosemar. Dengan demikian, Blibli juga membantu kelancaran sektor ritel di Jawa Tengah dan DIY, yang masuk dalam tiga pasar terbesar BlibliMart di luar Jabodetabek, pada periode yang identik dengan kenaikan konsumsi rumah tangga.”

Berkaca pada Ramadan tahun lalu, konsumsi pelanggan Jawa Tengah dan DIY naik tajam saat Ramadan. Volume order di Ramadan 2020 naik 7 kali lipat jika dibandingkan dengan Ramadan 2019, di mana 5 produk yang paling banyak dibeli adalah Makanan & Minuman, Kebutuhan Ibu & Anak, Perawatan Kulit Tubuh, Perawatan Rumah Tangga, dan Kuliner Internasional. Permintaan Ramadan pun sudah meningkat di H-1 minggu dan H+2 minggu saat Ramadan.

Menyambut bulan Ramadan tahun ini, BlibliMart GoLocal Joglosemar akan didukung oleh lebih banyak sellerlokal yang menyuplai produk langsung ke pelanggan Jawa Tengah dan DIY. Di kuartal I 2020, jumlah sellerBlibliMart GoLocal Joglosemar bertambah 2 kali lipat dibandingkan periode yang sama di tahun 2020. Pertumbuhan kuat seller Jawa Tengah dan DIY turut memperbanyak jumlah produk hingga 4 kali lipat di periode yang sama.

Kurasi produk halal pun hadir di BlibliMart GoLocal Joglosemar sehingga memudahkan sekaligus memberikan ketenangan pada pelanggan yang mencari produk dengan jaminan halal. Dengan segala peningkatan ini, BlibliMart GoLocal Joglosemar pun siap memenuhi permintaan pasar Jawa Tengah dan DIY di bulan Ramadan dan Idul Fitri.

“Hadirnya lebih banyak seller lokal ini juga memungkinkan pesanan tiba lebih cepat karena jarak yang lebih dekat dengan pelanggan. Kami menyediakan layanan pengiriman cepat, termasuk Same Day dan Instant Delivery, berkat kerjasama dengan mitra pengiriman. Ini menjadi bentuk upaya kami untuk memberikan pengalaman e-commerce terbaik bagi seller dan pelanggan di Jawa Tengah dan DIY,” lanjut Iqbal.

Dukungan terhadap seller lokal ini merupakan bagian dari komitmen Blibli dalam menyuarakan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia, di mana Blibli merupakan mitra e-commerce pemerintah untuk kampanye ini. Sejalan dengan inisiatif #KarenaLokalNo1, BlibliMart membuka ruang bagi seller UMKM lokal di BlibliMart GoLocal Joglosemar, termasuk penyedia oleh-oleh makanan khas Jawa Tengah dan DIY, untuk go online dan menjangkau pasar yang lebih luas.

Bukan saja platform untuk berjualan, Blibli menyediakan layanan Fulfillment by Blibli (FBB) di mana Blibli menangani keseluruhan proses logistik, mulai dari warehousing hingga pengiriman, untuk mengurangi biaya yang dikeluarkan seller apabila mereka harus menangani logistik sendiri. FBB didukung oleh armada kurir BES serta kehadiran tiga warehouse di Joglosemar dan 10 hub milik Blibli di wilayah Jawa Tengah dan DIY. Secara total, Blibli menjalankan 20 warehouse dan 32 hub yang tersebar di 15 kota besar di Indonesia.

Masih dalam rangka bulan Ramadan, Blibli menyelenggarakan Festival #HikmahRamadhan, termasuk untuk pelanggan Jawa Tengah dan DIY, yang meliputi berbagai promo menarik, termasuk cashback hingga 1 juta rupiah, exclusive brand deals, serta gamification Capit Ramadhan yang menambah keseruan berbelanja di Blibli. Festival #HikmahRamadhan ini berlangsung selama 32 hari penuh, mulai 12 April 2021 hingga 14 Mei 2021.

Sejalan dengan strategi bisnis perusahaan yaitu “Customer Satisfaction First”, Blibli juga menghadirkan fasilitas dan pelayanan gratis ongkir, 100% produk dengan kualitas terdepan, 15 hari retur, pengiriman cepat, dan dukungan layanan 24/7 Customer Care.(ris)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.