Blangko e-KTP Habis, Dindukcapil Banyumas Minta Tambahan 500 Ribu Keping

Jumlah blangko tersebut akan digunakan untuk menuntaskan antrean pencetakan e-KTP, sebelum Pileg dan Pilpres

BANYUMAS – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dindukcapil) Kabupaten Banyumas, mengusulkan 500.000 blangko e-KTP untuk memenuhi kebutuhan pencetakan KTP elektronik. Usulan tersebut sudah disampaikan dalam rapat koordinasi dengan Dindukcapil Provinsi Jawa Tengah beberapa waktu lalu.

Proses rekam data e-KTP di Dindukcapil Banyumas. Foto: metrojateng.com

Kepala Dindukcapil Kabupaten Banyumas Kartiman mengatakan, pada musyawarah se-Jawa Tengah itu, usulan Banyumas sebanyak 500.000 blangko e-KTP akan dipenuhi.

”Jumlah blangko tersebut akan digunakan untuk menuntaskan antrean pencetakan e-KTP, sebelum proses Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden,” katanya.

Menurut Kartiman kebutuhan blangko e-KTP itu tidak hanya bagi warga yang baru pertama kali memiliki KTP, yang sudah rekam tetapi belum jadi, sudah punya E-KTP tapi kemudian rusak, atau pindah domisili, atau ganti status justru lebih banyak. “Blangko saat ini sudah habis,” katanya

”Kalau menurut informasi, pertengahan Januari ini blangko e-KTP sudah akan dikirim. Selambat-lambatnya akhir Januari ini,” kata dia.

Sementara, mulai Selasa (2/1), Dindukcapil Banyumas mengalihkan pelayanan dokumen kependudukan ke kantor kecamatan. Itu dilakukan agar warga tak perlu lagi antre di kantor Disdukcapil Kabupaten Banyumas untuk membuat e-KTP dan dokumen kependudukan lainnya. (MJ-27)

 

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.