Bio-Expo, Uji Kemampuan Inovasi Mahasiswa UIN Walisongo

Di era yang penuh kompetisi, mahasiswa harus berani menunjukkan hasil karyanya secara inovatif.

SEMARANG – Mahasiswa Himpunan Mahasiwa Jurusan Biologi Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang menyelenggarakan kegiatan Bio-Expo Ramadan di taman jati kampus 2 UIN Walisongo Semarang, Jumat (24/5/2019). Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang sudah berjalan tiga tahun.

Kegiatan Bio-Expo Ramadan oleh Mahasiswa Himpunan Mahasiwa Jurusan Biologi Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang, Jumat (24/5/2019). Foto: metrojateng.com/ade lukmono

Dalam bio-expo kali ini, produk-produk yang dipamerkan adalah hasil karya mahasiswa berupa bunga dari olah sampah plastik, pupuk bokasi, telur aneka warna, jamu tolak pilek, berbagai jenis makanan ringan, rumah cahaya satu liter air, dan masih banyak lagi.

Dosen pengampu mata kuliah bio-intrepreneur, Lianah menyampaikan bahwa kegiatan bio-expo sebagai bentuk latihan berinovasi dalam wirausaha, serta kuliah bio-interpreneur tidak hanya teori tapi bisa menghasilkan produk.

“Mahasiswa harus berani menunjukkan hasil karyanya. Mengasah kemampuan dan kemauan adalah penting di era yang penuh kompetisi ini. Tidak hanya menciptakan, produk-produk diharapkan juga memiliki nilai jual untuk mengasah jiwa wirausaha mahasiswa,” kata Dekan Fakultas Saintek UIN Walisongo, Ruswan.

Angkatan 2017 kelas pendidikan biologi menampilkan produk makanan bola bola coklat, sostelmitosis, buble drink, pudding kulit semangka, es cincau, bros kain flannel, tanaman kaktus, es mambo, tahu kribo, onion ring dan lain-lain. Kelas biologi angkatan 2017 menampilkan poster daur biogeokimia, pupuk bokasi da manisan kolang-kaling.

Sedangkan kelas pendidikan biologi angkatan 2016 menampilkan skotel, donat, es belimbing jeruk, steak taken dari pisang, tempe wongkito, nugget pisang, telur kribo, BOBI (bola bola ubi), es pandan nanas, bronpis (bronis pisang), basreng jamur, nugget tempe, susu kedelai, pudding kurma, pudding sedot, jamur kriwil, gabbin dan es kopyor.

Para pengunjung diberi kesempatan untuk memberi nilai hasil produk yang nilai tersebut juga akan menjadi bahan pertimbangan dosen pengampu untuk memberi nilai mahasiswa mata kuliah bio-intrepreneur. (ade)

 

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.