Bikin Kampung Animasi, Udinus Latih Karang Taruna Pendawa Lima

Kampung animasi merupakan bentuk implementasi dari technopreneurship yang akan dikembangkan melalui organisasi kepemudaan karang taruna.

SEMARANG – Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) merangsang Kelurahan Pendrikan Kidul sebagai kampung animasi dengan memberikan pelatihan pembuatan animasi. Program tersebut masuk dalam Program Kemitraan Masyarakat Udinus dan didanai oleh Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) Republik Indonesia.

Udinus mengadakan pelatihan pembuatan animasi di Kelurahan Pendrikan Kidul. Foto: metrojateng.com/ade lukmono

Dalam pelatihan pembuatan animasi tersebut, peserta berasal dari Karang Taruna Pandawa Lima Kelurahan Pendrikan Kidul, Kecamatan Semarang Tengah. Mereka diajarkan berbagai hal dalam pembuatan animasi, mulai dari merancang hingga membentuk animasi secara sempurna dan kemudian akan diupload di YouTube. Pelatihan yang bertemakan “Pemberdayaan Remaja Usia Produktif Melalui Pendekatan Technopreneurship Dalam Bisnis Industri Kreatif” diadakan di Studio Animasi Udinus yang berlokasi di Gedung H lantai 4.

Ketua tim PKM sekaligus Ketua Program studi Animasi D-4, Dr. Khafiizh Hastuti mengatakan pengembangan kampung animasi merupakan bentuk implementasi dari technopreneurship dan akan dikembangkan melalui organisasi kepemudaan karang taruna. Tidak hanya diberikan pelatihan saja, nantinya juga akan diberikan pendampingan dan evaluasi secara berkala.

“Evaluasi akan dilakukan dengan melihat dari jumlah penonton dan subscriber di YouTube Karang Taruna Pandawa Lima Kelurahan Pendrikan Kidul Semarang Tengah. Kami akan berikan pelatihan dan pendampingan secara berkala agar mampu sukses untuk program ini,” ujarnnya, Senin (27/7/2019).

Dia menargetkan, Karang Taruna Pandawa Lima dari Kelurahan Pendrikan Kidul dapat memproduksi animasi pendek yang berdurasi sekitar 1 hingga 3 menit. Mereka nantinya juga akan memiliki akun youtube dan dikelola secara mandiri.

“Mitra-mitra dalam program ini akan dibekali dan diberikan transfer ilmu produksi animasi secara sederhana dan juga publikasi di media sosial YouTube, sekaligus meningkatkan sumber daya manusia di lingkungan Pendrikan Kidul.

Satu di antara peserta dari Karang taruna Pandawa Lima, Adinda Putri merasa senang mengikuti kegiatan pelatihan yang diselenggarakan oleh Udinus. Menurutnya animasi merupakan sesuatu yang menyenangkan.

“Ini baru pertama kali saya belajar animasi, biasanya hanya melihat di televisi dan internet saja. Namun ternyata proses pembuatannya lumayan sulit tetapi menyenangkan,” tutupnya. (ade)

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.