Bidik Tujuh Besar APG 2018, Indonesia Targetkan 16 Emas

Kesuksesan pada Asian Games 2018 sebelumnya diharapkan bisa menambah motivasi atlet Asian Para Games. 

SOLO – Presiden Joko Widodo mematok target 16 emas dalam kejuaraan Asian Para Games (APG) 2018. Indonesia sebagai tuan rumah membidik posisi tujuh besar di event khusus penyandang disabilitas se-Asia.

Menpora Imam Nahrawi meninjau latihan atlet paracycling di Velodrome Stadion Manahan Solo, Jumat (14/9). Foto: metrojateng.com

Untuk memastikan kesiapan para atlet, Jokowi meninjau langsung latihan para atlet Pelatnas tenis meja dan bulu tangkis Para Games 2018 di Trade Center Hartono Mall, lantai 2 dan 3, Jalan Ir. Sukarno, Solo Baru, Sukoharjo. Mantan Wali Kota Solo juga berkesempatan berbincang dengan para atlet difabel.

“Yang ingin kita lihat atlet-atlet berlatih dengan keras, dan targetnya 16 emas, tapi harapkan kepleset tapi di atas,” ujar Jokowi, Sabtu (15/9/2018).

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi juga menegaskan tidak akan membeda-bedakan bonus dan jaminan menjadi PNS bagi yang diterima bagi atlet Asian Games maupun atlet Asian Para Games. Bonus tersebut diberikan bagi para atlet yang berhasil meraih medali.

“Bonusnya sama gak ada yang berbeda. Sama, kita tidak ada perbedaan semua sama,” jelasnya.

Jokowi optimistis para atlet Asian Para Games kali ini bisa mengharumkan nama baik bangsa, dengan meraih banyak emas di berbagai cabang olahraga. Dia berharap kesuksesan pada Asian Games 2018 sebelumnya bisa menambah motivasi atlet Asian Para Games.

Sebelumnya, Menteri Pemuda Dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi juga meninjau kesiapan atlet paracycling di Velodrome Stadion Manahan, Solo, Jumat (14/9) pagi. Secara langsung, Menpora melihat para atlet difabel tersebut berlatih.

Politisi PKB itu berkesempatan mencoba balap sepeda tandem berkeliling velodrome bersama para atlet difabel lainnya. Menurut Menpora, kesiapan fisik para atlet difabel sudah siap untuk mengikuti lomba.

“Mereka tiada henti untuk berlatih, dan ini potensi yang kita miliki yang harus kita dukung. Saya pun yang begini masih kalah jauh dengan atlet paracycling,” ujar Imam.

Disinggung soal target, Menpora optimistis Indonesia bisa masuk tujuh besar juara umum dalam ajang Asian Para Games 2018. “Harus, harus tujuh besar, saya dapat laporan dari NPC (National Paralympic Center-red) tadi. Dan itu target minimal dan terus kita pantau,” jelasnya.

Ajang Asian Para Games 2018 akan digelar pada 6-13 Oktober di Jakarta. Sebanyak 18 cabang olahraga akan diperlombakan dalam kejuaraan se-Asia tersebut. (MJ-25)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.