BI Kucurkan Bantuan untuk Pengembangan Kawasan Wisata Borobudur

Bantuan yang diberikan ke Desa Candirejo sebagai desa wisata mencapai Rp 450 juta.

MAGELANG – Bank Indonesia mendorong pengembangan wisata di sekitar Candi Borobudur Kabupaten Magelang untuk meningkatkan devisa dan valuta asing. Berbagai fasilitas diberikan agar aktivitas wisata semakin berkembang.

Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (BI) Mirza Adityaswara, menyerahan Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) di Desa Candirejo Borobudur Kabupaten Magelang, Rabu (29/8/2018).Foto: meteojateng.com/ch kurniawati

“Ternyata di sini kegiatan wisatanya sudah berjalan bahkan sudah berhasil mendatangkan wisatawan mancanegara sebanyak 7 ribu orang,” kata Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (BI) Mirza Adityaswara, usai penyerahan Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) di Desa Candirejo Borobudur, Rabu (29/8/2018).

Mirsa mengatakan, BI mendorong pengembangan pariwisata karena kegiatan ini dinilai banyak menciptakan lapangan kerja. “Kerja BI adalah menstabilkan nilai rupiah, menjaga kurs, sehingga diharapkan dengan kegiatan wisata bisa meningkatkan devisa dan valuta asing masuk ke Indonesia,” paparnya.

Ia menyebutkan, bantuan yang diberikan ke Desa Candirejo sebagai desa wisata mencapai Rp 450 juta. Bantuan itu tidak hanya diberikan tahun ini saja, namun juga di tahun-tahun yang akan datang.

Selain Desa Candirejo, BI juga akan mendorong kegiatan wisata di daerah lain di Indonesia, seperti Yogjakarta, Danau Toba Sumatera Utara, Banyuwangi, Labuan Bajo NTT dan daerah lain. BI akan terus memberikan pelatihan kepada para pemuda dan juga pemberdayaan perempuan.

Kepala Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga (Disparpora) Iwan Sutiarso, menyampaikan apresiasi kepada BI yang peduli dengan pengembangan wisata di Kabupaten Magelang, khususnya desa wisata Candirejo Borobudur. Diharapkan dengan bantuan ini akan semakin meningkatkan ekonomi warga setempat.

Menurut Iwan, Desa Candirejo memiliki potensi wisata yang luar biasa dan bisa dijual kepada wisatawan mancanegara maupun wisatawan nusantara. (MJ-24)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.