BI Corner Berdiri di Universitas Tidar Magelang

BI ingin memperkuat pemahaman masyarakat tentang keberadaan bank sentral.

MAGELANG- Bank Indonesia (BI) terus berupaya memperkuat pengetahuan dan informasi tentang bank sentral ke generasi muda. Hal itu dilakukan dengan mendirikan BI Corner di Universitas Tidar Magelang, Senin (5/11/2018).

Kepala Kantor Perwakilan BI Provinsi Jawa Tengah, Hamid Ponco Wibowo didampingi jajaran pimpinan Universitas Tidar Magelang mengunjungi BI Corner yang baru diresmikan, Senin (5/11/2018). Foto: metrojateng.com/dokumentasi

Kepala Kantor Perwakilan BI Provinsi Jawa Tengah, Hamid Ponco Wibowo mengatakan, pihaknya ingin memperkuat pemahaman masyarakat tentang keberadaan dan peran BI. Kemudian mendorong kegiatan edukasi dan peningkatan kualitas pendidikan melalui penyediaan koleksi buku berkualitas seperti di perguruan tinggi dan tingkat sekolah menengah atas.

“Melalui BI Corner yang ada di Perpustakaan Tidar ini diharapkan dapat meningkatkan ilmu pengetahuan dan aktivitas gemar membaca. Selain itu, melalui BI Corner ini mahasiswa dapat memesan buku yang ada di perpustakaan Kantor Bank Indonesia Provinsi Jateng secara online dengan program aplikasi pustaka online (alinea),” kata Ponco, di sela peresmian BI Corner di Universitas Tidar Magelang.

Pada kesempatan tersebut BI juga menyerahkan buku-buku untuk BI Corner di Universitas Tidar (Magelang). Jumlah yang disumbangkan sebanyak 315 buku yang merupakan  literatur terkini yang berkualitas, terutama di bidang ekonomi dan keuangan.

Dalam jangka panjang, BI Corner diharapkan hadir di setiap jenjang pendidikan dan perpustakaan daerah terpilih, serta beberapa sarana publik strategis dalam rangka mendukung Program Sosial Bank Indonesia bernama Indonesia Cerdas.

Sementara itu, setelah acara peresmian akan dilanjutkan dengan BI Mengajar oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jateng dengan Tema Gerbang Pembayaran Nasional (GPN)
yang diikuti oleh 150 orang mahasiswa, dengan narasumber Asisten Direktur Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Tengah, Ignatius Adhi Nugroho.

“Upaya ini sudah kami lakukan sejak tahun 2015 hingga tahun 2018. Kantor Perwakilan BI Provinsi Jawa Tengah telah mendirikan 13 BI Corner di Semarang dan sekitarnya yang terdiri atas 10 BI Corner perguruan tinggi dan 3 BI Corner sekolah,” ungkapnya .

Saat ini telah ada BI Corner yang sudah berdiri di antaranya di Universitas Diponegoro, Universitas Sultan Agung, UIN Walisongo Semarang, Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga, IAIN Salatiga, Politeknik Negeri Semarang, Universitas Negeri Semarang, Universitas Stikubank, Universitas Tidar. Sedangkan untuk tingkat sekolah di SMA 3 Semarang, SMA 1 Demak, STAI Al Anwar (Rembang), dan SMA 1 Kudus. (ang)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.