Besok, Ratusan Kendaraan Pemudik Dikembalikan ke Jakarta

image
Ratusan kendaraan pemudik saat tiba di kantor Dishubkominfo Solo beberapa waktu lalu. (Metro Jateng/Raditya Erwiyanto)

SOLO – Ratusan kendaraan akan dikirimkan ke Jakarta dalam program Arus Balik gratis yang diselenggarakan oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Ratusan kendaraan tersebut mulai terlihat terjajar rapi di kawasan Halaman Kantor Dinas Perhubungan dan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Solo, sejak awal pekan ini.
 
Menurut rencana, ratusan kendaraan tersebut bakal diangkut dengan truk besar pada Kamis (23/7) besok. Sedangkan, pemilik kendaraannya bakal diberangkatkan keesokan harinya.
 
“Ini masih dalam rangkaian kegiatan mudik gratis Kemenhub tahun ini, kemarin kan mudik gratis, sekarang giliran arus balik gratis. Hari ini semua kendaraan sudah harus berada di halaman kantor Dishubkominfo Solo, setelah itu kami akan melakukan pendataan termasuk mengosongkan bahan bakar kendaraan. Agar ketika diangkut tangki kendaraan benar-benar kosong,” jelas Kepala Dishubkominfo Solo, Yosca Herman Soedrajat, Rabu (22/7) siang.
 
Ketika disinggung jumlah kendaraan, pihaknya belum bisa memastikan. Namun pihaknya memprediksi jumlahnya tak melebihi angka saat kendaraan mudik tiba di Solo dari Jakarta beberapa waktu lalu. Apa yang dilakukan oleh Kemenhub ini merupakan salah satu upaya untuk mencegak kemacetan dan banyaknya kecelakaan kendaraan yang terjadi di jalan raya.
 
Hal ini pun diakui oleh seorang pengguna jasa arus balik gratis, Larsono. Larsono merasa nyaman dan aman dengan ikut serta kegiatan tersebut. Mengingat jika dirinya memaksakan diri mudik dengan kendaraan, terlalu riskan berada di jalan raya. Sebab, setuip kali mudik ia mengajak anak dan istrinya. (dit)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

91 − = 85

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.