Besok, KA Joglosemarkerto Beroperasi

Pihaknya menyediakan 560 kursi untuk perjalanan KA Joglosemarkerto.

SEMARANG- Kereta Api Komuter jurusan Semarang-Yogyakarta PP dipastikan mulai beroperasi Sabtu (1/12/2018). KAI menamai kereta tersebut Joglosemarkerto. Mulai pukul 05.30 WIB pagi besok, kereta tersebut akan bertolak dari Stasiun Semarang Tawang menuju Yogyakarta.

Ribuan pemudik turun di Stasiun Semarang Tawang. Foto: efendi

Kereta tersebut dijadwalkan dari Semarang melewati Kendal, Tegal, Purwokerto, Yogyakarta kemudian memutari Solo, Brumbung, Karangjati, Alastua dan kembali ke pemberangkatan awal.

“Ada sembilan gerbong yang dipakai untuk mengoperasikan KA Joglosemarkerto. Tujuh gerbong ekonomi, dua gerbong eksekutif,” kata Riyanta, Manajer Angkutan Penumpang PT KAI, saat meninjau kesiapan jadwal operasional KA Joglosemarkerto di Stasiun Tawang, Jumat (30/11/2018).

Pihaknya menyediakan 560 kursi untuk perjalanan KA Joglosemarkerto. Riyanta mengungkapkan ada 16 kursi di antaranya yang disediakan untuk penumpang berkebutuhan khusus.

Dengan begitu, Riyanta menegaskan jadwal perjalanan KA Kamandaka relasi Semarang-Purwokerto saat ini dilebur dengan jadwal KA Joglosemarkerto. Namun untuk jadwal KA
Kalijaga relasi Solo-Semarang, tidak ada perubahan sama sekali.

“Buat calon penumpang yang keberatan dengan jadwal perjalanan kereta komuter, kami sudah menyiapkan pembatalan pembelian tiket 100 persen,” katanya.

Soal jumlah penumpang untuk jadwal keberangkatan perdana, menurutnya masih relatif sedikit. Sebab, pihaknya harus melakukan migrasi data tiket perjalanan kereta yang lama, berubah menjadi jadwal KA Joglosemarkerto.

“Misalnya kalau ada yang beli tiket Kamandaka harus diblok dulu untuk dilakukan migrasi data. Ini yang membuat penumpang yang naik KA Joglosemarkerto belum terlalu banyak,” akunya.

Manajer Humas KAI Daop 4 Semarang, Suprapto menjelaskan selama pemberangkatan KA Joglosemarkerto dalam kurun waktu 1 Desember sampai 13 Desember, pihaknya memberikan
potongan harga tiket 10 persen.

“Perjalanannya akan memutari mulai Yogyakarta, Kutoarto, Purwokerto, Tegal dan kembali Semarang dengan panjang jalur mencapai 579 kilometer,” pungkasnya. (far)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.