Berulang Kali Beraksi, Maling Motor Bengep Digebuk Massa

Kapolres Boyolali M Agung Suyono menanyai tersangka curanmor. 

BOYOLALI – Satu orang tersangka pencuri kendaraan bermotor (Curanmor), Purwanto (29), babak belur dihajar massa setelah ketangkap usai mencuri motor di Dukuh Krobokan, Desa Krobokan, Kecamatan Juwangi, Boyolali. Tak hanya itu, warga Dukuh Kweni, Desa Manyaran, Kecamatan Karanggede, Boyolali itu juga harus merasakan timah panas petugas karena berulah. Saat digelandang untuk pengembangan, tersangka berusaha kabur, sehingga ditembak dan mengenai kaki kanannya. 

Penangkapan Purwanto yang sudah berulang kali mencuri sepeda motor itu terjadi pada Sabtu (20/8) malam. Tersangka bersama satu komplotannya berusaha mencuri sepeda motor Honda Mio milik Suparmin (48) warga Dukuh/Desa Krobokan. 

Saat itu tersangka datang ke Dukuh Krobokan bersama seorang pelaku lain dengan mengendarai sepeda motor Supra X bernomor polisi E 5021 NF. Tersangka Purwanto dibonceng oleh komplotannya itu. Saat melintas di Dukuh Krobokan sekitar pukul 18.30, melihat sepeda motor milik korban, Yamaha Mio H3557 YR diparkir di pinggir jalan dan kunci masih menggantung di motor. 

Kedua tersangka menghentikan laju motornya. Tersangka Purwanto langsung mencuri motor matic berwarna merah tersebut dan dibawa kabur. Korban yang mengetahui motornya dicuri maling, langsung berusaha mengejar dibantu sejumlah warga. Hingga jarak sekitar 3 km, motor curian itu kehabisan bensin dan tersangka mampir disebuah warung di Dukuh Banyuurip, Desa Krobokan untuk membeli BBM. 

Korban yang melakukan pengejaran pun berhasil menemukan tersangka dan langsung teriak maling. Sehingga mengundang warga sekitar keluar rumah dan menangkap tersangka. Tersangka Purwanto berhasil ditangkap warga dan langsung menjadi bulan-bulanan massa. Sedangkan satu tersangka lain yang diketahui berinisial MT, berhasil kabur. 

“Beruntung, petugas Babinkamtibmas Polsek Juwangi sedang berada di sekitar lokasi, sehingga tersangka yang dimassa warga dapat segera diamankan ke Polsek Juwangi,” kata Kapolres Boyolali AKBP M Agung Suyono Senin (22/8). 

Tersangka kemudian dibawa ke Mapolres Boyolali untuk pengembangan lebih lanjut. Petugas juga masih mengejar satu tersangka lain yang berhasil kabur. 

Dari hasil pengembangan, jelas M Agung Suyono didampingi Kasat Reskrim AKP Muhamad Kariri, tersangka Purwanto telah melakukan pencurian sepeda motor di sejumlah lokasi. “Tersangka sedikitnya telah melakukan pencurian di 10 TKP. Ini masih terus dikembangkan,” ujarnya. 

Aksi maling motor di 10 TKP tersebut, dilakukannya sejak bulan Mei 2016 lalu. Aksinya antara lain dilakukan di wilayah Kecamatan Karanggede dua tempat, Kecamatan Wonosegoro dua tempat, Kecamatan Kemusu tiga tempat, dan dua TKP lainnya di wilayah Kabupaten Semarang.

“Tersangka berupaya kabur saat pengembangan sehingga terpaksa harus dilumpuhkan,” ungkap Agung Suyono. 

Saat ini, lanjut Agung Suyono, satu tersangka lainnya yang kabur masih terus diburu. Sementara tersangka Purwanto, dijerat dengan Pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan. Ancaman hukumannya maksimal tujuh tahun. 

Sementara itu tersangka Purwanto mengakui telah beberapa kali mencuri sepeda motor. “Seingat saya saya mencuri lima kali dan masih ada motornya semua. Sedangkan yang lainnya ikut menjualkan saja,” kata pemuda yang mengaku bekerja sebagai kuli bangunan itu. (MJ-07

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

3 + 7 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.