Berburu Durian Jepara di Desa Kecapi

image

JEPARA – Musim durian telah tiba. Bagi pencinta buah berkulit menyeramkan ini, tempat yang satu ini patut didatangi. Dimana lagi kalau bukan di Dukuh Telap Desa Kecapi Kecamatan Tahunan Kabupaten Jepara.

Di Jepara, Desa Kecapi dikenal sebagai salah satu desa penghasil buah durian. Banyak warga dan petani durian, menjual buah beraroma menyengat ini di depan rumah. Salah satunya, Zaini, warga RT 10 RW 02 Dukuh Telap Desa Kecapi Kecamatan Tahunan Kabupaten Jepara.

Selain Zaini, bagi penikmat durian di Jepara, nama Gipah sudah tak asing. Baik di rumah Zaini dan Gipah, penikmat durian dapat memilih buah durian, lalu membelahnya, kemudian menikmati. Buah durian yang dijual rata-rata baru dipetik dari pohonnya.

image

Jika bingung memilih buah durian yang berkualitas seperti apa, Zaini membagikan tips memilih buah durian yang baik. Pertama, jika dilihat dari kulitnya, buah durian yang enak, manis dan berdaging tebal, memiliki kulit dengan duri besar-besar dan tumpul.

“Kemudian, kalau dicium dari kulitnya saja sudah mengeluarkan aroma yang menyengat,” ujar Zaini.

image

Setelah melihat kulit dan mencium aroma buah, Zaini melanjutkan, yang harus diperhatikan adalah tangkai buah. Durian yang baru saja dipetik, maka tangkai buahnya masih segar tidak kering atau patah.

“Terus pilih durian yang kulitnya masih utuh belum pecah. Karena kalau kulitnya sudah pecah aroma dan rasanya berkurang,” kata Zaini.

Hem… ingin menikmati durian-durian segar baru dipetik dari pohon dengan rasa yang manis berpadu denga pahit dan daging buah yang tebal, silakan berburu buah durian di Dukuh Telap Desa Kecapai. (Teks dan foto oleh Rhoby Shani)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

− 7 = 1

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.