Bentengi Anak dari Bahaya Gadget dengan Ruang Baca

Minimnya minat baca anak perlu mendapat perhatian dari sejumlah pihak.

JEPARA – Puluhan anak-anak Desa Pekalongan Kecamatan Tahunan, Kabupaten Jepara tampak ceria mengikuti lomba mendongeng dan mewarnai. Kegiatan ini menarik karena dilaksanakan di komplek perumahan.

Pembukaan ruang baca di Desa Pekalongan Kecamatan Tahunan, Kabupaten Jepara ditandai dengan lomba mewarnai dan mendongeng, Minggu (9/12/2018). Foto: metrojateng.com

Di bawah tenda, anak-anak menggoreskan pensil warna sesuai pola gambar yang disediakan panitia. Kegiatan ini juga dalam rangka membuka titik ruang baca masyarakat di Kabupaten Jepara.

Anette, penggerak literasi Kabupaten Jepara menuturkan bahwa minimnya minat baca anak perlu mendapat perhatian dari sejumlah pihak.

“Salah satunya kita menggandeng Pustaka Sarwaga untuk membuka ruang baca baru di desa ini,” ujarnya, Minggu (9/12/2018).

Untuk menarik minat sekaligus sosialisasi, pembukaan ruang baca ini juga digelar lomba mewarnai dan memdongeng dengan peserta anak usia TK dan SD.

“Antusias sangat tinggi. Kami berharap ini dapat berlangsung baik ke depan,” paparnya.

Rahmad, Ketua Pustaka Sarwaga menyampaikan bahwa di Kabupaten Jepara sudah ada empat ruang baca yang bekerjasama dengan Pustaka Sarwaga. Di antaranya di Telukwetan, Ujungbatu, Kecapi dan Pekalongan.

“Kami miris melihat kondisi minimnya kesadaran membaca terutama generasi muda. Sehingga kami berupaya membuka ruang baca yang lebih kreatif,” tuturnya.

Selain itu, dia berharap orang tua dapat ikut andil dalam mengontrol anaknya terutama dari serangan gadget.

“Gadget ini sangat berbahaya kalau tidak ada arahan yang tepat. Sehingga orang tua perlu ikut andil dalam mengontrol anaknya,” pungkas dia.(MJ-23)

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.