Belum Kantongi Izin, Minimarket Disegel Satpol PP

Pihak Satpol PP sendiri sudah melayangkan teguran dan peringatan hingga tiga kali.

KENDAL – Sebuah minimarket di jalan raya Karangsari Kota Kendal disegel Satpol PP dan Damkar Kendal, Rabu (13/11/2019). Penyegelan ini dilakukan setelah pemilik minimarket nekat beroperasi meski belum mengantongi izin.

Penyegelan minimarket di Kendal. Foto: metrojateng.com/edi prayitno

Pihak Satpol PP sendiri sudah melayangkan teguran dan peringatan hingga tiga kali. Dipimpin langsung Kepala Satpol PP dan Damkar Kendal, Toni Ari Wibowo minimarket ini didatangi tim gabungan dari Satpol PP dan Badan Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu Kendal serta pihak kelurahan. Tim gabungan tidak bisa menemui pemilik minimarket ataupun supervisor, hanya ada karyawan yang menemui tim gabungan.

Kepada karyawan Kepala Satpol PP dan Damkar Kendal memberikan pengarahan, bahwa pemilik belum bisa melengkapi perizinan pendirian minimarket. Karyawan hanya diminta untuk segera menyelesaikan pekerjaannya dan menutup toko untuk sementara waktu menunggu perizinan lengkap.

“Surat teguran dan peringatan untuk segera melengkapi perijinan segera dipenuhi hingga tiga kali. Namun pemilik minimarket hingga kini belum juga mengurus dan melengkapinya. Sesuai dengan Perda nomor 9 tahun 2011 tentang retribusi tertentu, Perda nomor 22 tahun 2011 tentang penataan dan pembinaan pasar tradisonal dan toko modern serta Perda nomor 11 tahun 2013 tentang tribuntranmas Kabupaten Kendal minimarket tersebut disegel dan berhenti beroperasi,” tegas Toni.

Usai mendengarkan penjelasan dari tim gabungan dan menandatangani berita acara penyegelan, toko kemudian ditutup dan petugas memasang garis pembatas Satpol PP. Petugas juga memasang peringatan bahwa minimarket ini disegel dan tidak boleh beroperasi hingga seluruh perizinan diselesaikan oleh pemilik. (MJ-01)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.