Belasan Nisan di TPU Giriloyo Magelang Dirusak

Nisan yang dirusak tersebar di beberapa blok, di antaranya blok A2, B2, dan B1.

MAGELANG – Belasan nisan makam di kawasan tempat pemakaman umum (TPU) Giriloyo Kota Magelang diduga dirusak oleh oknum tak bertanggung jawab. Aparat Polres Magelang Kota masih belum mengetahui motif dan pelakunya. Dinas terkait juga bungkam.

Petugas kebersihan menunjukkan nisan rusak di TPU Giriloyo. Foto: metrojateng.com/ch kurniawati

“Kita masih melakukan penyelidikan dan pendalaman kasus ini,” kata Kapolres Magelang Kota, AKBP Kristanto Yoga Dhamawan, Rabu (2/1/2019).

Dia menerima laporan dugaan perusakan itu pada Selasa (1/1) malam. Tercatat ada 11 makam yang dirusak.

“Saya baru mendapat laporan dugaan pengrusakan pada Selasa malam. Anggota langsung bergerak cepat menuju ke TKP,” katanya.

Kapolsek Magelang Selatan, Kompol Moch Choirul Anwar menambahkan, jajarannya langsung ke TKP untuk melakukan penyelidikan dan menginventarisasi kerusakannya. “Karena malam dan area TPU cukup luas, kami melanjutkan inventarisir Rabu pagi. Hasilnya, jumlah nisan makam yang rusak ada 11 buah,” ujarnya.

Ia mengungkapkan, sebelas nisan tersebut itu tersebar di beberapa blok dengan tingkat kerusakan yang bervariasi. Untuk penyelidikan lebih lanjut, pihaknya juga sudah meminta keterangan sejumlah orang di lokasi, termasuk petugas UPT TPU Giriloyo.

Anwar juga mengatakan, sampai saat ini belum ada pihak keluarga yang melapor. Ia menilai, dugaan perusakan ini sebagai aksi vandalisme. “Namun kita akan melakukan penyelidikan intensif untuk mengetahui pelaku dan motifnya,” tegas Anwar.

Ia juga meminta agar kasus vandalisme ini tidak terlalu dibesar-besarkan. Juga tidak dikaitkan dengan isu-isu saat ini, seperi SARA atau Pilpres atau apapun. “Kita akan selidiki intensif, pasrahkan pada kami kepolisian,” tandasnya.   

Rusak Parah  

Sementara itu, dari pantauan di lapangan, kerusakan nisan yang terjadi  berupa salib dengan bahan kayu dan beton. Ada nisan yang dicabut dari makamnya dan ada pula nisan yang hancur seperti sengaja dipukul.

Mbah Mul (65), salah satu penjaga sekaligus petugas kebersihan di TPU Giriloyo membeberkan, kerusakan pada nisan ini diketahuinya pada malam hari. Kerusakan tersebar di beberapa blok, di antaranya blok A2, B2, dan B1.

Hal sama disampaikan Islamiyah, petugas kebersihan di tempat yang sama bahwa nisan yang rusak rata-rata parah. Bahkan, ada yang sampai dicongkel dari atas pusara, meski terbuat dari beton.

“Saya baru tahu tadi pagi (Rabu), rusaknya banyak. Aneh, saat Natal banyak yang ziarah dan masih utuh. Kok sekarang seperti ini,” ujarnya.

Sementara itu, Kasi Pengelolaan Pemakaman TPU Giriloyo Dinas Lingkungan Hidup Kota Magelang, Pitoyo Jati enggan memberikan keterangan kepada wartawan.

“Nanti yang akan memberikan keterangan Pak Kepala Dinas Lingkungan Hidup, saya tidak berwenang,” katanya.

Sedangkan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Magelang, Mahbub Yani Arfian, belum bisa diminta konfirmasi. (MJ-24)

Ucapan Lebaran 1440
Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.