Belasan Merk Rokok Ilegal Diamankan Satpol PP Jepara

image
Operasi pita cukai palsu dan rokok ilegal di Pasar Lebak Pakisaji Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, oleh Satpol PP, pada (1/6/2016). FOTO: Rhobi Shani

JEPARA – Ratusan bungkus rokok ilegal dengan pita cukai palsu diamankan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Rokok bodong belasan merk itu didapatkan dari sejumlah pedagang di Pasar Lebak, Pakisaji, Kabupaten Jepara.

 

Kepala Satpol PP Trisno Santoso menyampaikan, rokok-rokok bodong itu dititpkan oleh sales masing-masing produsen rokok pada pedagang. Sejumlah pedagang yang menjual rokok bodong itu, mengaku tidak mengethaui jika menjual rokok dengan cukai palsu atau tanpa cukai dapat bermasalah.

 

“Tidak tahu kalau tidak boleh. Ada sales titip ya, saya jual,” ujar pedagang kelontong yang menjual rokok bodong, Faizah, Rabu (1/6/2016).

 

Dari toko milik Faizah, Satpol PP berhasil mengamankan empat merk rokok bodong. Meski puluhan bungkus rokok diamankan Satpol PP, Faizah mengaku tidak merugi. Itu lantaran sistem jual-beli dengan sales, menggunakan sistem titip.

 

“Saya hanya dititipi. Bayarnya sesuai jumlah rokok yang terjual,” kata Faizah.

 

Dari toko milik Faizah, Satpol PP menyasar toko milik Ning dan Indar. Dari kedua toko ini, Satpol PP berhasil mengamankan 11 merk rokok bodong. Lebih dari 300 bungkus rokok tanpa cukai dan cukai palsu berhasil diamankan.

 

Kepala Satpol PP Jepara Trisno Santoso, menyampaikan, rokok-rokok bodong diproduksi industri rumahan. Bungkus rokok dan namanya dibuat semirip mungkin dengan bungkus dan nama-nama rokok yang beredar di pasaran secara legal.

 

“Sekilas mirip dengan rokok asli. Nama dan bungkusnya persis aslinya,” kata Trisno sembari menunjukan rokok-rokok bodong.

 

Ditambahkan Trisno, operasi pita cukai rokok palsu dan rokok tanpa pita cukai merupakan kegiatan rutin jajarannya. Pasalnya, Satpol PP Kabupaten Jepara juga memperoleh dana bagi hasil cukai sebesar Rp.80 juta setiap tahun. (Oby)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

+ 11 = 18

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.