Begini Serunya Emak-emak di Cepiring Berebut Ikan Lele

Lomba menangkap ikan lele ini dilaksanakan untuk memeriahkan HUT ke-73 Kemerdekaan RI.

KENDAL – Ratusan warga Desa Karangayu Kecamatan Cepiring Kendal berebut menangkap ikan lele yang disebar di selokan kampung, Minggu (12/8/2018). Untuk mendapatkan ikan lele ini ibu-ibu menggunakan daster hingga kerudung sebagai jala.

Ibu-ibu di Cepiring Kendal berburu lele di saluran irigasi. Foto: metrojateng.com/edi prayitno

Ikan lele tersebut dilepas panitia lomba di saluran irigasi yang berada di tengah kampung. Lomba menangkap ikan lele ini dilaksanakan untuk memeriahkan HUT ke-73 Kemerdekaan RI.

Keseruan terjadi saat sejumlah ibu-ibu tidak berani memegang ikan lele yang berhasil ditangkap. Bahkan banyak cara yang dilakukan ibu-ibu untuk bisa mendapatkan ikan lele dengan mudah. Mulai dengan menggunakan selendang, kerudung hingga daster yang dikenakan.

Salah satunya Sutiana yang merelakan dasternya sebagai jaring. “Saya sengaja pakai daster yang besar bisa untuk menjaring ikan lele, dan Alhamdulillah dapat banyak,” kataya.

Sementara bagi peserta yang tidak menggunakan alat, mengaku sulit menangkap ikan lele ini. “Airnya keruh jadi sulit menangkapnya, selain itu pesertanya banyak jadi rebutan,” ujar Muhamad Riyanto, peserta lomba.

Panitia pelaksana Sukadi mengatakan, lomba gogoh lele tersebut dilakukan di  sungai irigasi sepanjang 100 meter. “Ada setengah kuintal ikan lele ditebar di  sungai irigasi dan diperebutkan semua  warga RT 3 RW 2,” katanya.

Sukadi berharap dengan adanya lomba tersebut bisa menjalin silaturahmi dan menambah erat persaudaraan antarwarga. (MJ-01)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.