Begini Cara Santri Kaliwungu Rayakan HUT RI

Ratusan santri membuat koreografi dengan membentuk tulisan Ponpes Apik dan bendera Merah Putih

KENDAL – Dengan mengenakan sarung dan peci, santri Pondok Pesantren Apik Kaliwungu Kendal menggelar upacara bendera memperingati HUT ke-73 RI di halaman parkir Masjid Al Mutaqin, Jumat (17/8/2018). Berbeda dengan upacara pada umumnya, selain menyanyikan lagu kebangsaan juga diisi dengan lagu ya lal wathan oleh seluruh santri.

Ratusan santri Ponpes Apik Kaliwungu Kendal melaksanakan upacara bendera memeringati HUT ke-73 RI. Foto: metrojateng.com/edi prayitno

“Santri harus memiliki jiwa nasionalisme dan patriotisme serta ikut berpartisipasi dalam pembangunan bangsa. Seperti kata Bung Karno bahwa perjuangan untuk mempertahankan dan mengisi kemerdekaan lebih berat,” ujar Muhammad Syamsul Arifin yang menjadi Pembina Upacara.

Sementara itu putra pengasuh Ponpes Apik Kaliwungu, Agus R.Mas Muhammad Sanaya Sholahuddin mengatakan, kegiatan tersebut rutin diadakan pondok pesantren setiap HUT RI.

“Ini  untuk menumbuhkan jiwa nasionalisme dan patriotisme dalam diri santri. Juga sebagai wujud syukur dan kecintaan pada tanah air yang menjadi salah satu ajaran dalam Islam,” katanya.

Koreografi santri Ponpes Apik Kaliwungu dalam menyemarakkan HUT RI. Foto: metrojateng.com/edi prayitno

Usai upacara, acara dilanjutkan dengan pembuatan koreografi  untuk menunjukkan bahwa kalangan santri memiliki rasa cinta pada tanah air dan siap untuk berpartisipasi dalam usaha membangun Bangsa Indonesia.

“Ratusan santri baris membentuk tulisan Ponpes APIK dan membentuk gambar bendera Merah Putih,” imbuh Sanaya. (MJ-01)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.