Bea Cukai Serahkan Senpi Ilegal ke Polresta Solo

Dikirim dari Amerika

Mekanisme pengiriman senjata api laras panjang tersebut harus melalui izin dari Divisi Intelkam Mabes Polri.

SOLO – Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean B Surakarta menyerahkan senjata api laras panjang kaliber 7,62 mm seri 308 ke Mapolresta setempat, Rabu (6/3/2019). Senjata api asal Amerika tersebut ditemukan oleh pihak Bea Cukai di Kantor Pos Kota Solo satu bulan lalu.

Serah terima senpi ilegal di Mapolresta Solo. Foto: metrojateng.com

Kasi Penindakan dan Penyidik KPPBC Tipe Madya Pabean B Surakarta, Aries Baroto mengatakan kiriman paket tersebut terdeteksi melalui sinar x-ray. Senjata api tersebut rencananya akan dikirim ke salah satu rumah yang beralamat di Jalan Adi Sucipto, Manahan, Solo.

“Ada paket kiriman diperiksa melalui x-ray kedapatan ada senjata laras panjang. Kemudian kami amankan selama 30 hari,” katanya.

Aries menambahkan, pemilik senjata sempat datang untuk mengambilnya, tapi tidak bisa memenuhi persyaratan yang ditentukan. “Karena ini terkait dengan undang-undang darurat dan bukan wilayah atau wewenang kami terhadap senjata api, maka kami serahkan ke Polresta,” imbuhnya.

Menurut Aries, temuan senjata laras Panjang ini baru pertama kalinya. Sebelumnya, ada temuan senjata, tetapi hanya airsoft gun.

Pada kesempatan yang sama Wakapolresta Solo, AKBP Andy Rifai menambahkan, mekanisme pengiriman senjata api laras panjang tersebut harus melalui izin dari Divisi Intelkam Mabes Polri. Kemudian, pengirimannya harus disalurkan melalui Perbakin. (MJ-25)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.