BBWS Didesak Segera Normalisasi Sungai Beringin

Walikota Hendrar Prihadi bersama pejabat terkait meninjau lokasi banjir di Kelurahan Mangkang Wetan, Selasa (6/2). (foto: metrojateng.com/Masrukhin Abduh)

 

 

SEMARANG – Walikota Semarang Hendrar Prihadi menegaskan telah mendesak Pemerintah Pusat untuk segera menormalisasi sungai yang berada di wilayah barat Semarang. Yaitu hanya ada dua Sungai Plumbon dan Sungai Beringin.

Menurutnya, kewenangan menormalisasi kedua sungai itu merupakan kewenangan Pemerintah Pusat. Pihaknya tidak dapat berbuat banyak untuk mengatasi masalah pendangkalan dan penyempitan dua sungai itu karena kewenangan di Kementerian Pekerjaan Umum melalui Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juana.

‘’Saya minggu lalu sudah lapor ke Pak Gub (Gubernur Jateng), minta agar normalisasi diusahakan bisa dilakukan pada tahun ini. Kebetulan juga saya sudah ketemu Pak Menteri PUPR dan sudah saya sampaikan juga agar dipercepat, selama ini warga Mangkang selalu dihantui banjir apabila ada hujan deras,’’ katanya saat meninjau lokasi banjir di Kelurahan Mangkang Wetan Kecamatan Tugu, Selasa (6/2).

Dia mengatakan, pihaknya saat ini hanya bisa memberikan motivasi kepada warga dan menyampaikan informasi progres normalisasi sungai yang akan dikerjakan Pemerintah Pusat. Dia berharap warga dapat berbesar hati dengan bencana banjir ini.

‘’Serta mengkomunikasikan ke BBWS agar memberikan bronjong dan karung pasir untuk menutup sementara tanggul yang jebol’’, kata Walikota Semarang yang karib disapa Hendi.

Sementara untuk banjir di Jalan Raya Kaligawe, dia menegaskan saat ini bantuan BBWS berupa sebuah pompa kapasitas 200 liter per detik sudah didatangkan. Pompa tersebut diharapkan dapat mengatasi genangan air di jalan raya tersebut cepat surut.

Seperti diketahui, banjir melanda wilayah barat Kota Semarang di Kelurahan Mangkang Wetan Kecamatan Tugu akibat tanggul Sungai Beringin jebol sepanjang 15 meter. Akibat banjir ini puluhan rumah warga tergenang air hingga 1 meter. (duh)

Anda mungkin juga berminat
Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

− 1 = 1

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.