Bayi Merdeka Hiasi Dinding Jalan Kota Pekalongan

image

PEKALONGAN – Sesosok bayi terbungkus kain merah putih terlihat di dinding tepi Jalan Kemakmuran Kota Pekalongan. Bukan bayi yang sebenarnya, melainkan dalam lukisan karya Heri Panjang, yang ikut berkolaborasi bersama puluhan pelukis lainnya dalam menggambar Mural Kemerdekaan.

Menurut Heri, mural berjudul Bayi Merdeka itu dimaknai bahwa setiap manusia yang masih hidup sejatinya belum merasakan kemerdekaan karena masih dalam tahap berjuang.

“Saat ini, kita masih terus berjuang. Entah itu untuk diri sendiri, keluarga, maupun lebih luas lagi. Jadi, seluruh manusia belum merdeka, hanya bayi yang merdeka karena dia belum dikejar nafsu dunia,” jelasnya kepada Metrojateng.com.

Penyelenggara kegiatan, Ony Ahmad mengatakan, setiap lukisan memperlihatkan secara langsung gambar tentang perjuangan atau setidaknya memiliki pesan tentang kemerdekaan dan perjuangan.

“Kami berharap ini sebagai awal, sebagai embrio kegiatan-kegiatan selanjutnya. Semoga masyarakat juga bisa tergugah, bisa mengerti makna yang disampaikan melalui gambar itu,” ujarnya. (MJ-21)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

7 + 1 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.