Bawaslu Usut Dugaan Keterlibatan Ganjar Ajak 31 Kepala Daerah Dukung Jokowi

Acara yang diinisiasi oleh Ganjar itu ditengarai tidak mengantongi Surat Tanda Terima Pemberitahuan (STTP).

gratifikasi
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo memimpin apel pagi, Senin (07/01/2019). (foto: metrojateng/ Fariz Fardianto)

SEMARANG – Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo ditegur oleh Bawaslu lantaran dirinya kedapatan mengumpulkan 31 kepala daerah untuk mendeklarasikan dukungan bagi pasangan Jokowi-Ma’ruf. Teguran itu dilayangkan Koordinator Divisi Hukum, dan Penindakan Pelanggaran Bawaslu Jateng, Sri Wahyu Ananingsih dengan memanggil Ganjar untuk dimintai keterangan pasca kegiatan tersebut.

“Tentunya Bawaslu Jateng tidak akan tinggal diam, kami investigasi dan minta klarifikasi dari pihak-pihak yang terlibat,” tegasnya, Rabu (30/1/2019).

Pihaknya telah mendapati laporan jika deklarasi pemenangan Jokowi-Ma’ruf itu bersifat ilegal. Acara yang diinisiasi oleh Ganjar itu tidak mengantongi Surat Tanda Terima Pemberitahuan (STTP).

Saat ini pihaknya akan menelusuri mendalam mengenai dugaan pelanggaran kampanye sembari menunggu waktu yang tepat untuk memanggil Ganjar.

Sejumlah informasi akan dikumpulkan sebagai barang bukti pelanggaran yang dilakukan Ganjar saat acara tersebut berlangsung.

“Jadi persoalannya yakni apakah dalam kegiatan itu masuk kampanye apa bukan. Maka dari itu, kita bergerak kumpulkan bukti-bukti dulu, berapa kepala daerah yang datang menghadiri kegiatan itu,” katanya.

Jika ada kepala daerah yang terlibat, ia akan meminta Bawaslu di daerah untuk menindaklanjutinya. Pihaknya kini sedang memeriksa keterangan saksi terlebih dahulu.

Ana menjelaskan investigasi dilakukan guna menyelidiki apakah ada unsur pelanggaran kampanye dalam kegiatan yang diinisiasi Ganjar tersebut. Dugaan melanggar Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) No. 23 Tahun 2018 tentang Kampanye itu mencuat menyusul tidak adanya izin kegiatan, baik surat pemberitahuan kegiatan (SPK) maupun STTP kepada instansi kepolisian, KPU maupun Bawaslu. (far)

 

Ucapan Lebaran 1440

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.