Bawaslu Pastikan Kasus 2.400 Surat Suara Hilang Diusut Polisi

SEMARANG – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI menyebutkan ada sekitar 2.400an surat suara pemilihan kepala daerah (Pilkada) di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, dilaporkan hilang. Bawaslu memastikan kasus tersebut akan dilaporkan kepada Kepolisian untuk diusut tuntas.

Mendagri Tjahjo Kumolo bersama Ketua Bawaslu, Abhan saat mengunjungi TPS di Mlatiharjo Semarang Timur, Rabu (27/6). Foto: masrukhin abduh

Ketua Bawaslu Abhan mengatakan surat suara hilang tersebut dilaporkan terjadi di 4 TPS di Kecamatan Plumbon, Kabupaten Cirebon. Yakni untuk pencoblosan pemilihan bupati dan wakil bupati yang digelar serentak dengan pemilihan gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat.

‘’Memang iya ada surat suara hilang di 4 TPS di Cirebon dengan jumlah surat suara diperkirakan 2.400an. Surat suara hilang untuk Pilkada Kabupaten (bukan yang untuk Pilgub Jabar, red),’’ katanya saat meninjau pelaksanaan poncoblosan pilkada serentak 2018 di Kota Semarang, Rabu (27/6).

Surat suara hilang tersebut sekarang sudah ditangani KPU koordinasi dengan Bawaslu. Jika surat suara cadangan masih memungkinkan maka pencoblosan dilanjutkan. Namun jika tidak memungkinkan maka akan ada pemilu susulan di TPS yang hilang surat suaranya tersebut.

‘’Dan yang penting kita juga koordinasi dengan Kepolisian untuk diusut, agar surat suara yang hilang tidak disalahgunakan,’’ katanya. (duh)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

+ 41 = 47

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.