Bawaslu Kabupaten Magelang Resmi Terbentuk

Dengan berubahnya panwaskab menjadi Bawaslu, maka jumlah komisioner juga bertambah dari tiga menjadi lima.

MAGELANG – Kabupaten Magelang resmi memiliki Badan Pengawas Pemilu. Pembentukan lembaga pengawas pemilu bersifat permanen ini merupakan amanat UU 7 tahun 2017.

Rapat koordinasi Bawaslu Kabupaten Magelang, di kantor Bawaslu setempat, Jumat (17/8/2019). Foto: metrojateng.com/ch kurniawati

“Ini momen bersejarah karena untuk pertama kalinya Bawaslu dibentuk di tingkat kabupaten,” kata Anni Syarifah, Kepala Sekretariat Bawaslu Kabupaten Magelang, saat peresmian Bawaslu Kabupaten Magelang, Jumat (17/8/2018).

Peresmian Bawaslu Kabupaten Magelang ini ditandai pemotongan tumpeng oleh Kepala Sekretariat Anni Syarifah dan diserahkan kepada Ketua Bawaslu Kabupaten Magelang MH Habib Shaleh.

Anni mengungkapkan jika Panwaskab selama ini bersifat ad hoc atau sementara maka Bawaslu kabupaten merupakan lembaga penyelenggara pemilu permanen sebagaimana KPU Kabupaten Magelang.

Dengan berubahnya menjadi Bawaslu, maka jumlah komisioner juga bertambah dari tiga menjadi lima. Mereka adalah MH Habib Shaleh selaku Kordiv Pengawasan, Humas dan Hubungan Antar Lembaga, Sumarni Aini Chabibah sebagai Kordiv Penyelesaian Sengketa, Fauzan Rofiqun Kordiv Penindakan Pelanggaran, M Yasin Awan Wiratno sebagai Kordiv SDM dan Organisasi serta M Dwi Anwar Cholid Kordiv Hukum, Data dan Informasi.

Ketua Bawaslu Kabupaten Magelang MH Habib Shaleh mengungkapkan struktur baru ini mengikuti struktur organisasi Bawaslu Republik Indonesia (RI). Adapun Bawaslu Jawa Tengah memiliki tujuh divisi.

Habib berjanji akan menjadikan pengalaman pengawasan, pencegahan pelanggaran dan penindakan pelanggaran selama kontestasi Pilkada Serentak 2018 sebagai modal positif pengawasan Pileg, dan Pilpres 2019.

Sebab ia menilai, dinamika pilkada dengan pileg dan pilpres akan jauh berbeda. Untuk itu dibutuhkan strategi pengawasan yang berbeda pula.

Habib mengungkapkan seusai syukuran dan pemotongan tumpeng pihaknya langsung menggelar rapat koordinasi persiapan pleno DPSHP tingkat Kabupaten Magelang dan penggalangan dana untuk korban gempa bumi di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).  (MJ-24)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.