Batik Bermotif Keemasan Makin Digandrungi Generasi Milenial

SEMARANG – Sejumlah pemilik toko batik di Kota Semarang optimistis gaya hidup anak muda setempat bakal berubah saat Lebaran tahun ini. Maria Eunike selaku Owner Batik Benang Ratu mengaku batik bercorak keemasan bakal digandrungi generasi milenial.

Batik bercorak keemasan semakin digandrungi generasi milenial. Foto: fariz fardianto

Sebabnya, corak tersebut memadukan unsur dulu dan sekarang yang menjadi gaya hidup anak muda milenial.

“Makanya di tempat kita kreasi motif ini menjadi penting. Pengembangan corak batik mengikuti sekarang lagi musim apa,” kata Maria, Rabu (18/4).

Ia mengatakan batik keemasan pantas dipakai oleh masyarakat semua zaman. Tak hanya itu saja, pembeli juga meminati corak bunga-bunga dan burung di tahun 2018. Terbukti dari larisnya penjualan motif tersebut di toko yang dibuka sejak 2015 silam tersebut.

Corak batik kekinian itu dibuat khusus di tokonya. Selain menjual kain dan batik jadi, dirinya juga memproduksi sendiri aneka batik khas Pekalongan, Yogyakarta, Solo bahkan Madura. Usahanya juga memiliki konveksi dan printing sendiri agar batik bisa dijual murah ke masyarakat.

Permintaan batik kekinian, diakuinya naik dua kali lipat menghadapi Lebaran. Karenanya, pembaruan dan inovasi corak terus dilakukan agar masyarakat bisa memilih motif yang sesuai dengan selera konsumen.

Batik Benang Ratu punya toko-toko di Jalan Setiabudi Semarang, Jalan Indraprasta Semarang, Jalan Gajah Semarang serta Yogyakarta. “Ke depan kita akan jangkau Sulawesi,” tandasnya. (far)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

− 6 = 2

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.