Batas Waktu Habis, Dua Partai ini Belum Punya Saksi TPS

Gerindra melaporkan jumlah saksi paling banyak.

Penyerahan daftar saksi oleh perwakilan parpol kontestan Pemilu 2019 di kantor Bawaslu Kota Semarang. (Fariz Fardianto/metrojateng.com)

 

SEMARANG – Empat belas partai politik yang mengikuti kontestasi Pemilu 2019 di Kota Semarang saat ini sudah menyerahkan daftar saksi kepada Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) setempat.

Namun ada dua parpol yang hingga sekarang tak kunjung memiliki saksi untuk ditempatkan di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Arief Rahman, seorang Komisioner Bawaslu Kota Semarang menyatakan dua parpol yang tak kunjung menyerahkan data saksi kepada pihaknya yaitu Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Garuda.

“Sementara dua parpol itu sampai batas waktu yang ditentukan oleh Bawaslu yaitu tanggal 4 Maret 2019 pukul 24.00 WIB, setelah dilakukan perpanjangan 1 hari, tanggal 5 Maret belum menyerahkan daftar saksinya kepada kami,” kata Arief dalam keterangan yang diterima metrojateng.com, Kamis (7/3/2019).

Ia mengatakan jumlah saksi yang sekarang sudah terkumpul mencapai 3.456 orang. Gerindra, kata dia, menyerahkan saksi paling banyak ketimbang para kontestan Pemilu.

Kemudian hanya satu saksi yang diserahkan oleh Partai Bulan Bintang. Lebih lanjut, ia menjelaskan kebutuhan saksi parpol untuk ditempatkan di TPS seluruh Kota Semarang mencapai 72.672 orang. Jumlah itu disesuaikan dengan total TPS yang ada saat ini.

Dia saat ini mengaku sedang memverifikasi per kecamatan dan mengelompokkan. Kemudian saksi parpol dibagi per kelurahan.

Datanya kemudian akan diberikan kepada Panwascam dan Panwaskel. Lalu dilakukan kroscek data untuk mengidentifikasi data ganda.

“Pola mekanismenya, seorang saksi menjadi saksi di dua parpol atau lebih, selain itu juga mengidentifikasi adanya saksi yang masuk dalam penyelenggara pemilu baik PTPS atau KPPS,” bebernya.

Ia sudah menjadwalkan kegiatan bimbingan teknis saksi sesuai amanat pasal 351 UU Nomor 7 tahun 2017 mulai 15 Maret-10 April 2019. (far)

 

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.