Baru 75 Persen Perusahaan yang Patuh Bayar Iuran BPJS Ketenagakerjaan

Perlu edukasi kepada badan usaha mengenai manfaat pembayaran iuran tepat waktu. 

SEMARANG – BPJS Ketenagakerjaan mencatat sepanjang tahun 2018 ini baru 75% perusahaan terdaftar yang patuh membayarkan iuran jaminan sosial tenaga kerjanya tepat waktu. Berbagai upaya dilakukan badan tersebut untuk mendorong salah satunya dengan Iuran Tepat Bulan (ITB) Award 2018.

ITB Awards dan Gathering Peserta BPJS Ketenagakerjaan, di Water Blaster Semarang, Minggu (28/10/2018). Foto: metrojateng.com/anggun puspita

Pps Kepala BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Semarang Pemuda, Dolik Yulianto mengatakan, dari potensi 7.500 badan usaha yang terdaftar dengan 300.000 lebih tenaga kerja, baru 70%-75% saja yang tertib membayar iuran tepat waktu.

“Kami mengimbau agar perusahaan membayar iuran jaminan sosial ketenagakerjaan para karyawannya tepat waktu. Sebab, sebenarnya banyak manfaat yang akan diambil oleh badan usaha dan pesertanya jika melakukan pembayaran iuran tepat,” ungkapnya di sela acara ITB Awards dan Gathering Peserta BPJS Ketenagakerjaan, di Water Blaster Semarang, Minggu (28/10/2018).

Kendati demikian, lanjut dia, masih banyak badan usaha yang belum mengetahui, sehingga memerlukan edukasi mengenai manfaat pembayaran iuran tepat waktu.

“Maka melalui penghargaan ini kami juga melakukan sosialisasi terkait pembayaran iuran tepat waktu,” tuturnya.

Penghargaan kepada perusahaan yang tepat membayar iuran tiap bulan telah diinfokan oleh BPJSTK Semarang Pemuda sejak bulan Juli lalu. Adapun, parameter pemenang ITB Award yakni perusahaan tersebut tertib dalam pembayaran iuran, tidak ada perusahaan yang mendaftarkan sebagian tenaga kerjanya, dan penggunakaan aplikasi BPJSTKU, serta Sistem Informasi Pelaporan Peserta yang maksimal.

“Kami mengundang perusahaan yang memenuhi kategori tersebut ke acara ITB Award dan memberikan golden ticket bagi para peserta dengan diskon potongan biaya masuk ke Water Blaster 60% untuk tenaga kerja dan seluruh keluarganya (dalam 1 KK),” katanya.

ITB Award dilakukan untuk memberikan apresiasi kepada perusahaan yang telah melakukan pembayaran iuran tepat bulan, tidak ada PDSTK, dan maksimal dalam penggunaan BPJSTKU serta SIPP. Selain itu, melalui ITB Award, diharapkan bisa memacu tingkat kepatuhan pembayaran iuran tepat waktu hingga 80%-90% di akhir tahun.

Sementara, dalam ITB Awards dan Gathering Peserta BPJS Ketenagakerjaan Cabang Semarang Pemuda juga menggandeng pihak Water Blaster. Manajemen Water Blaster Semarang memberikan diskon khusus untuk setiap pengunjung di Water Blaster, Jalan Candi Golf No 1, Jangli, Tembalang, Kota Semarang.

Direktur Operasional Water Blaster Kota Semarang, Soemitro menyampaikan, kegiatan tersebut merupakan program CSR karena Water Blaster juga memberikan perlindungan kepada pekerja yang ada di Kota Semarang dengan program-program dari BPJS Ketenagakerjaan, yaitu Jaminan Kematian dan Jaminan Kecelakaan Kerja.

“Mekanisme bantuan yang kami berikan yaitu untuk pengunjung cukup membayar Rp 56.800 yang terdiri dari Rp 40.000 untuk tiket masuk dan Rp 16.800 untuk mendaftarkan dirinya atau untuk melindungi pekerja rentan risiko kecelakaan kerja di luar sana, dengan mendaftarkan di BPJS Ketenagakerjaan Semarang Pemuda,” katanya. (ang)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.