Banyak Wahana Baru, Jateng Fair 2015 Targetkan 450 Ribu Pengunjung

image

SEMARANG– Jateng Fair, pameran terbesar di Jawa Tengah kembali digelar pada 2015 ini. Pameran yang bertempat di area Pekan Rekreasi Promosi dan Pembangunan (PRPP) Semarang ini menargetkan 450 ribu pengunjung.

Direktur PRPP Jateng Titah Listyorini mengatakan, Jateng Fair berlangsung selama 18 hari, dari 20 Agustus sampai 16 September 2015. Pihaknya sangat optimis dengan target pengunjung, karena selain persiapan yang lebih baik, event kali ini juga menampilkan beberapa wahana hiburan baru. Diantaranya wahana foto tiga dimensi, segway, dan science center.

“Foto tiga dimensi ini kami bangun sendiri, pengunjung bisa berfoto seolah-olah memancing dapat ikan besar misalnya. Ada juga mainan segway, seperti skateboard beroda besar,” katanya, dalam jumpa pers di Ruang Transit PRPP Semarang, Senin (3/8).

Segway adalah bagian dari 25 macam mainan kreatif yang menjadi andalan Jateng Fair. Anak-anak dan remaja dipastikan akan terpuaskan oleh berbagai macam permainan yang menantang kreatifitas dan keterampilan tubuh.

Jateng Fair kali ini mengambil tema ” Ayo Wujudkan Jateng Responsif, Kompetitif, dan Inovatif”. Untuk melengkapi konsep rekreasi, Jateng Fair juga membangun Taman Lammpion bertajuk “Festival of Light”, 30 alat peraga science center, dan rumah hantu bertema vodoo.

Tak ketinggalan, pengunjung bisa mencoba komidi putar atau Bianglala. Roda berputar raksasa tertinggi se Jateng itu adalah wahana paling terkenal di PRPP. Pengunjung bisa menguji nyali sembari menikmati sensasi pemandangan Kota Semarang ketika berada di pucuk tertingginya.

“Jangan khawatir menyambut Jateng Fair 2015 ini, Bianglala sudah kami reparasi dan telah diuji kelayakannya. Jadi pasti aman,” tegas Titah.

Tak kalah menyedot perhatian pada penyelenggaran kali ini ialah pameran alat utama sistem persenjataan (alutsista) dari delapan batalyon Kodam IV/Diponegoro. Pengunjung bisa berfoto dengan bergaya menaiki tank, menembakkan rudal, dan alat tempur angkatan darat lainnya.

Pameran Alutsista ini khusus dihadirkan untuk menambah daya tarik pengunjung. “Kami pernah kerja sama dengan Brimob pada 2012 lalu, tapi kali ini lebih lengkap dan banyak alat tempurnya,”kata Titah.

Pameran pembangunan ini, lanjut Titah, akan menampilkan produk unggulan dari Pemprov Jateng dan 35 kabupaten/kota. Kemudian juga Badan Usaha Milik Daerah dan Negara, perguruan tinggi, perusahaan swasta nasional, UMKM, dan kuliner. Total ada 320 stand yang menyambut pengunjung baik dari Semarang maupun Jateng.

Selain pameran, aneka macam hiburan juga siap menyambut. Sejumlah band populer seperti Endank Soekamti, Tipe X, dan Shaggydog akan menyapa penggemarnya di Jateng Fair. Tak lupa band-band indie berbagai genre seperi Indie Rock Legend, Reggae Community, Indie Classic Rock, Indie Super Rock, Indie Metal, dan Indie Tribute to Slank dan Iwan Fals.

Penggemar dangdut dipastikan tak akan rela beranjak dari panggung dengan penampilan OM Monata, Pantura, Sera, dan Sonata. Orkes-orkes dangdut terpopuler se-pantura raya itu akan mengiringi sejumlah biduan terkenal Nasional.

Masih ada lagi panggung budaya dari tim kesenian 35 daerah di Jateng, parade band, panggung akustik yang diisi sejumlah grup keroncong, jazz, dan anak jalanan.

Dengan tiket masuk dibanderol Rp 12 ribu, menurut Titah tentunya kelewat murah dibandingkan apa yang bisa didapatkan pengunjung setiap harinya. “Harga tiket ini tidak naik dari tahun lalu,” katanya.

Apalagi masih ada bermacam lomba yang bisa diikuti dan ditonton. Seperti lomba drum, fotografi, mendongeng, band pelajar, dan battle dance, battle DJ, dan roket air. Juga pameran IPTEK, workshop guru-guru IPA SMP, dan temu bisnis antara UMKM dan pengusaha.

Bagi yang lapar, Jateng Fair menyediakan 30 outlet kuliner yang khusus didatangkan dari penjuru Jateng. “Banyaknya acara ini menjadikan kami yakin target pengunjung tercapai. Kalau sebelumnya pengunjung luar kota hanya 20 persen, kami yakin akan bertambah karena kami juga melibatkan teman-teman Rembug Socmed Semarang untuk penetrasi promosi di kalangan anak muda,” jelasnya.

Jateng Fair akan dibuka Gubernur Jateng Ganjar Pranowo pada 20 Agustus mendatang. Event akan buka setiap harinya pukul 16.00 sampai 22.00, kecuali hari Minggu yang buka dari pukul 10.00 hingga 22.00. (byo)?

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

+ 26 = 33

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.