Bantu Pengembangan SMK, Yamaha Raih Penghargaan dari Kemendikbud

Yamaha Indonesia mengambil peran untuk menjadi jembatan antara dunia pendidikan dengan industri.

JAKARTA – PT. Yamaha Indonesia Motor Mfg. (YIMM) menerima penghargaan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) atas kontribusi dalam meningkatkan kualitas pendidikan SMK di Indonesia. Penghargaan tersebut diberikan secara langsung oleh Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution disaksikan oleh Mendikbud Muhadjir Effendy dalam acara yang bertema “Solusi Mengatasi Pengangguran Lulusan SMK” di Jakarta, Rabu (5/12).

GM Aftersales & Motorsport YIMM, M. Abidin menerima penghargaan yang diberikan oleh Kemendikbud, Rabu (5/12). Foto: metrojateng.com/dok PT YIMM

GM Aftersales & Motorsport YIMM, M. Abidin menyatakan, penghargaan ini menjadi tantangan bagi perusahaan untuk berkontribusi lebih dalam meningkatkan kualitas serta daya saing generasi muda Indonesia. Menurutnya SMK tengah menghadapi tuntutan perkembangan industri yang pesat.

Untuk itu, perusahaan harus mengambil peran dalam membangun link and match antara vokasi dengan industri.

“Hingga saat ini lebih dari 13.000 SMK tersebar di seluruh Indonesia. Yamaha Indonesia mengambil peran untuk menjadi jembatan antara dunia pendidikan dengan industri. Selama 15 tahun kami terus berkomitmen untuk memajukan pendidikan SMK di Indonesia,” kata M. Abidin dalam keterangan tertulis, Minggu (9/12/2018).

Dia menambahkan, sejak 2003 Yamaha Indonesia konsisten mendonasikan unit sepeda motor sebagai bahan ajar. Sejak 2013 Yamaha juga telah bekerja sama dengan lebih dari 700 SMK untuk mengimplementasikan kurikulum Kelas Khusus Yamaha (KKY) dengan 49 di antaranya menjadi Kelas Khusus Yamaha yang mendapatkan support standarisasi Ruang Praktik dan Kurikulum standar Yamaha Technical Academy (YTA).

“Hingga tahun 2018 Kelas khusus Yamaha telah meluluskan lebih dari 4.000 siswa,” imbuh Abidin.

Hal yang dilakukan Yamaha Indonesia, kata Abidin, merupakan implementasi dari Instruksi Presiden Republik Indonesia No.9 Tahun 2016 tentang Revitalisasi SMK Dalam Rangka Peningkatan Kualitas dan Daya Saing SDM Indonesia.

“Sebagai upaya nyata dalam menghasilkan lulusan SMK yang berdaya saing dan siap kerja Yamaha Indonesia terus melakukan kerja sama dengan berbagai SMK. Terakhir di Semarang, Yamaha Indonesia mendonasikan unit sepeda motor kepada 17 SMK di Jateng dan DIY,” pungkasnya. (*)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.