Banser dan Pemuda Kendal Siap Bentengi KPU

Aksi damai ini sebagai bentuk dukungan KPU untuk tetap melaksanakan tahapan pemilihan umum dan menolak intervensi dan ancaman pihak manapun

KENDAL – Ancaman “people power” yang diserukan mantan Ketua PAN Amin Rais menuai reaksi dari sejumlah pihak. Di Kendal, massa menggelar aksi damai untuk mengawal KPU, Senin (1/4/2019).

Aksi damai Banser Kendal untuk mengawal KPU dari intervensi sejumlah pihak. Foto: metrojateng.com/edi prayitno

Aksi pertama dilakukan Gabungan Pemuda Kendal yang meminta agar KPU Kendal tetap bekerja profesional meski di bawah ancaman sejumlah pihak. Sementara aksi kedua dilakukan Gerakan Pemuda Ansor dan Banser Kendal, yang ingin KPU tetap melaksanakan Pemilu sesuai tahapan yang ada.

Aksi damai ini sebagai bentuk dukungan KPU untuk tetap melaksanakan tahapan pemilihan umum dan menolak intervensi dan ancaman pihak manapun yang tidak percaya dengan kinerja KPU.

“Aksi ini dilakukan setelah pernyataan mantan Ketua PAN Amin Rais yang akan menggeruduk KPU jika terjadi kecurangan dan pasangan yang didukung kalah. Pemuda Kendal siap mendatangkan massa jika ada ancaman dari pihak yang akan menggeruduk KPU,” jelas Frizal Firman, koordinator aksi.

Sementara aksi kedua oleh puluhan anggota Banser juga dilakukan untuk mendukung kinerja KPU. Ketua Cabang GP Ansor Kendal, Muhamad Ulil Amri mengatakan pihaknya memberikan dukungan penuh kepada KPU untuk memaksimalkan proses pemilihan umum 17 April mendatang.

“Ansor dan Banser siap menurunkan 200 personel untuk bersama-sama dengan Polri TNI membangun pemilu yang kondusif dan aman,” katanya.

Sementara itu Ketua KPU Kendal, Hevi Indah Oktaria mengatakan sebagai penyelenggara Pemilu tetap menggunakan undang-undang yang ada untuk bisa melaksanakan tahapan pemilu. “Dukungan dari sejumlah elemen masyarakat ini menandakan bahwa warga menginginkan pemilu yang aman dan damai,” tegasnya.

Kapolres Kendal AKBP Hamka Mappaita sendiri mengatakan, Indonesia adalah negara hukum. “Permasalahan yang ada diatur dengan undang-undang dan masyarakat sudah bisa pintar untuk memilah mana yang baik dan yang buruk. Kepolisian dan TNI siap mengamankan pelaksanaan pemilu dengan baik agar berjalan lancar dan damai,” jelas Kapolres. (MJ-01)

Ucapan Lebaran 1440
Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.