Bank Indonesia Tingkatkan Literasi Melalui Peran Perempuan

Pengunjung memanfaatkan fasilitas berbasis teknologi di Perpustakaan Kanwil Bank Indonesia Jawa Tengah, Kamis (21/120). (Foto: metrojateng.com/ Anggun Puspita)
SEMARANG- Bank Indonesia (BI) mendorong peningkatan literasi di masyarakat khususnya bagi generasi penerus bangsa. Upaya yang juga dilakukan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi itu melibatkan peran perempuan.

“Kami mendorong peningkatan literasi melalui pemanfaatan perpustakaan. Maka, pada kesempatan ini kami perkenalkan wajah baru perpustakaan Kantor Perwakilan Bank Indonesia yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi sebagai pusat peningkatan literasi, belajar dan berkegiatan masyarakat,” ungkap Kepala Grup Advisory dan Pengembangan Eko BI Jateng, Rahmat Dwi Saputra di sela peluncuran wajah baru Perpustakaan Kanwil BI Provinsi Jawa Tengah, Kamis (21/12).

Keberadaan perpustakaan tersebut bertujuan dapat memberikan dampak pada peningkatan kualitas hidup masyarakat. Adapun, terdapat beberapa fitur baru di perpustakaan BI di antaranya Pojok Kartini yang terkoneksi dengan program Pemberdayaan Wanita Kartini Mengajar di Rembang untuk menyediakan buku-buku dan pusat aktivitas bagi pemberdayaan wanita. Kids Corner menyediakan fasilitas nyaman untuk anak-anak agar meningkatkan minat mereka untuk menggali ilmu di perpustakaan.

Digital Corner merupakan pusat pengetahuan melalui media digital sehingga masyarakat tidak terbatas pada tempat dan waktu untuk mendapatkan pengetahuan dari berbagai belahan dunia.

Ruang Diskusi menyediakan fasilitas pertemuan yang nyaman dan lengkap sehingga dapat menjadi pusat aktivitas pemberdayaan komunitas.

Aplikasi Alinea yang memudahkan bagi anggota perpustakaan yang memiliki fasilitas BI Corner untuk meminjam buku perpustakaan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Tengah.

Rahmat mengatakan, pihaknya juga menyediakan kartu anggota elektronik yang memudahkan pendataan anggota perpustakaan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Tengah.

“Semua fitur tersebut didukung juga dengan koleksi buku kami yang tidak hanya tentang ekonomi tetapi juga pendidikan, hukum, motivasi, agama, karya fiksi dan ilmiah, data- data, dan sebagainya dengan jumlah koleksi buku sebanyak 9.061 buku. Kami tidak menutup mata, masih ada ruang untuk terus mengembangkan perpustakaan kami agar dapat menjadi pusat pengetahuan yang dapat meningkatkan kualitas generasi penerus bangsa,” jelasnya.

Sementara, sejauh ini Perpustakaan Kanwil BI Jateng telah meraih sejumlah prestasi yakni mendapat Akreditasi A dari Perpustakaan Nasional, Juara 1 Pengelolaan Perpustakaan Bank Indonesia tingkat Provinsi tahun 2017 dan 2015, Juara 2 lomba iklan Perpustakaan Bank Indonesia tahun 2017, dan juara 2 Pengelolaan Perpustakaan Bank Indonesia tingkat Provinsi tahun 2013. (ang)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

+ 54 = 58

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.